Tanggapi Eksepsi Zainal Tayeb, Jaksa : Perkara Ini Masuk Ranah Pidana

picsart 09 23 06.49.28
SIDANG DARING - Terdakwa Zainal Tayeb, saat menjalani sidang secara daring, beberapa waktu lalu.

Denpasar, DENPOST.id

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) menanggapi eksepsi terdakwa Zainal Tayeb, yang diajukan dalam persidangan sebelumnya. Jaksa menilai kasus yang dihadapi pengusaha berdarah bugis itu, merupakan tindak pidana dan bukan perdata.

Hal tersebut, disampaikan jaksa dalam sidang yang digelar secara daring di Pangadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (23/9/2021). Menurut Jaksa Imam Ramdhoni, kasus dengan terdakwa Zainal Tayeb adalah perkara tindak pidana. “Anggapan kuasa hukum terdakwa yang menyebut perkara ini perkara perdata adalah tidak berdasar, sehingga patut dikesampingkan,” ucapnya dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim I Wayan Yasa.

Baca juga :  Ganggu Ketertiban Umum, Pengamen dan Pengasong Ditertibkan

Dilanjutkannya, surat dakwaan JPU sudah memenuhi syarat formil dan materiil berdasarkan Pasal 143 KUHAP. “Eksepsi tersebut sudah masuk pada pokok materi persoalan yang harus dibuktikan dalam persidangan. Dan pengadilan berwenang mengadili perkara ini. Sehingga kami mohon agar sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan pokok materi,” ucap Imam Ramdhoni.

Sementara itu, Kuasa Hukum Zainal Tayeb, yakni FX Joniono Rahardjo, didampingi Mila Tayeb mengatakan jika kondisi kliennya dalam keadaan sehat. “Dalam keadaan sehat. Namun klien kami juga memiliki penyakit bawaan. Untuk itu kami mengajukan penangguhan penahanan. Tujuannya agar kesehatannya tak terganggu sehingga bisa menjalani sidang seperti yang telah dijadwalkan. Dikabulkan atau tidak penangguhannya, itu kembali ke hakim yang memutuskan. Kami hargai keputusan hakim,” tegasnya. (124)

Baca juga :  Tim Satgas PPKM Bubarkan Kerumunan di Warung Tuak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini