Diberi Sertifikat Tanah, Warga Sumberklampok Ucapkan Terima Kasih ke Gubernur Koster

Diberi Sertifikat Tanah, Warga Sumberklampok Ucapkan Terima Kasih ke Gubernur Koster
Gubernur Bali Wayan Koster

GUBERNUR Bali Wayan Koster mencetak sejarah baru dengan memberi kemerdekaan kepada warga Desa Sumberklampok, Gerokgak, Buleleng, sehingga punya sertifikat tanah untuk mereka tempati. Sebanyak 813 sertifikat diserahkan Gubernur Koster pada Rabu (22/9/2021) di Sumberklampok.

Warga setempat mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Koster yang berjuang demi warga Sumberklampok. Mereka adalah I Made Sukadana, selaku Anggota Tim 9, menyampaikan rasa bahagia.

“Berkat Bapak Gubernur Bali Wayan Koster, masyarakat Desa Sumberklampok sekarang punya legalitas dalam bentuk surat hak milik atau sertifikat tanah. Kami tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan Bapak Gubernur Bali. Bagi kami, Bapak (Wayan Koster) adalah pemimpin yang luar biasa dan berjasa membantu kami,” tegas I Made Sukadana.

Warga lansia Desa Sumberklampok, Ni Made Satria, juga mengucapkan terima kasih atas perjuangan Kepala Daerah Bali saat ini. Permohonan Ni Made Satria untuk mendapat sertifikat tanah setelah berjuang selama bertahun-tahun, akhirnya dia dapatkan. “Saya menghaturkan terima kasih kepada Pak Presiden Jokowi dan Pak Gubernur Bali Wayan Koster,” tegas Ni Made Satria dengan bahasa Bali.

Pascamendapat sertifikat tanah, dia berencana memanfaatkan tanah pemberian pemerintah tersebut untuk berkebun kelapa. “Kalau sudah berbuah, kelapanya akan saya digunakan untuk bahan upacara keagaamaan, daksina,” jelas Ni Made Satria.

Baca juga :  Kerugian Akibat Bencana di Klungkung Capai Rp 1,4 Miliar

Kepala Dusun (Kadus) Banjar Dinas Sumberklampok, Agus Khairi, pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi, Gubernur Bali Wayan Koster, DPRD Provinsi Bali dan Pemkab Buleleng. Pemerintah dinilai benar-benar mendengar keinginan masyarakat Desa Sumberklampok dengan memberikan sertifikat tanah. “Saya sebagai generasi ketiga yang berjuang untuk mendapatkan tanah ini, sangat berbangga dengan Bapak Wayan Koster. Akhirnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah sejak tahun 90-an tercapai tahun 2021. Apa yang didapat sekarang adalah cita-cita masyarakat. Mudah-mudahan apa yang diberikan pemerintah ini bisa digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat Sumberklampok,” beber Agus Khairi.

Warga lainnya, Aliyanto, yang lahir di Desa Sumberklampok tahun 1961 mengungkapkan rasa syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Hal itu karena baru sekarang ada pemerintahan di era Gubernur Bali Wayan Koster berjasa menyelesaikan kasus tanah di Desa Sumberklampok. “Rasa gembira kami tidak terhingga. Mungkin semua warga di sini merasakan kegembiraan yang sama seperti saya. Secara pribadi, saya mengucapkan banyak terima kasih atas pemberian tanah ini,” pungkasnya.

Baca juga :  Kesal Dilaporkan Selingkuh, Sugiana Ancam Tetangganya Dengan Golok

Sedangkan Ni Made Suwitri mengungkapkan bahwa luas tanah yang dimilikinya sekarang di Desa Sumberklampok seluas 2 hektar. Saat ini dimanfaatkan untuk perkebunan jeruk, pisang, hingga difungsikan untuk menanam pohon senggon. “Saya bahagia sekali. Terima kasih saya ucapkan ke Pak Jokowi dan Pak Wayan Koster. Sekali lagi terima kasih Pak Koster, karena saya diberikan sertifikat,” tegasnya.

Kepala Desa (Kades) Sumberklampok I Wayan Sawitra Yasa mengatakan bahwa perjuangan untuk mendapatkan sertifikat tanah dari pemerintah ini sempat dilakukan hingga di Jakarta. Saat itu, sebelum Koster menjadi Gubernur Bali, Switra Yasa  secara pribadi didampingi Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna menemui Wayan Koster. Saat itu Koster masih aktif menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan di Jakarta.

Baca juga :  Main Kano, Hilang, Warga Lithuania Ditemukan Meninggal

Dalam pertemuan itu Koster berjanji kepada  warga Desa Sumberklampok jika diberi amanah oleh masyarakat Bali menjadi Gubernur Bali, maka pekerjaan rumah (PR) yang pertama dia selesaikan yakni masalah tanah di Desa Sumberklampok. “Astungkara semua itu terpenuhi,’’ kata I Wayan Sawitra Yasa, disambut nada gemuruh tepuk tangan masyarakat Sumberklampok.

Atas capaian ini, dia merasa betul-betul punya pemimpin yang berkomitmen untuk membangun Bali ke depan. Terlebih persoalan tanah ini sejalan selama berpuluh-puluh tahun dan menjadi warisan masalah berlarut-larut. “Komitmen Bapak Gubernur Bali Wayan Koster, dan Bupati Buleleng sudah sejalan menyelesaikan masalah ini. Saya atas nama masyarakat, mengucapkan banyak terima kasih. Semoga ini berkah untuk masyarakat Sumberklampok,” tandas Sawitra Yasa. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini