Ratusan PMI Berangkat, Disnakertrans Minta Terapkan Prokes di Negeri Orang

picsart 09 24 03.02.06
KARANTINA - Puluhan PMI saat dikarantina pascadatang dari negara tempat bekerja beberapa waktu lalu.

Amlapura, DENPOST.id

Pascadirumahkan akibat Pandemi Covid-19, Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Karangasem mulai bekerja. Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinaskertrans) Kabupaten Karangasem menyatakan sejak Agustus 2021 lalu, ada sekitar 215 dan 2000 PMI Karangasem yang telah berangkat. Kembali mengais rejeki, selama bekerja PMI diminta untuk tetap patuh protokol kesehatan (Prokes).

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnakertrans Kabupaten Karangasem, Made Sujana menuturkan kepatuhan PMI saat bekerja untuk menerapkan prokes adalah hal wajib. Sebab hal itu untuk memastikan kondisi tetap sehat kala bekerja di negeri orang.

Baca juga :  Pesanan 200 Kamar di Karangasem Dibatalkan

Dari ratusan PMI yang berangkat diperkirakan akan terus bertambah, sebab banyak yang kini mengajukan pengurusan dokumen. “PMI yang kerja ke luar negeri rata-rata ke Itali, Turki, Dubai, Maldives, AS, Polandia, Qatar dan lain-lain, ” ujarnya. PMI yang berangkat seluruhnya telah memenuhi persyaratan. Mereka mengurus berkas di Mall Pelayanan Publik. Kelengkapan berkas di antaranya kartu AK1, rekomendasi paspor, serta ID Calon Pekerja Migran.

Tak hanya bersyaratan tersebut, PMI yang berangkat wajib melampirkan surat keterangan hasil bebas Covid-19, serta wajib telah divaksinasi dua dosis. “Sertifikat vaksinasi menjadi wajib, sebab jika belum mampu menunjukkan, keberangkatan bisa ditunda. Karenanya kami berharap seluruh PMI dapat mengikuti vaksinasi,” harapnya. (yun)

Baca juga :  Gede Dana Ajak Masyarakat Terbiasa Teknologi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini