Kisah Vaksinator ODGJ, Kerap Diamuk dan Harus Mampu Mendekati

picsart 09 26 01.55.34
BANGUN KOMUNIKASI - Petugas vaksinator Kecamatan Selat, saat mencoba membangun komunikasi dengab ODGJ sebelum diberikan vaksinasi.

Amlapura, DENPOST.id

Vaksinasi Covid-19 terus diupayakan pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok. Berbagai pihak melakukan upaya untuk memastikan seluruh warga dapat menerima vaksinasi, seperti upaya dari tenaga kesehatan di Kecamatan Selat, Karangasem dalam memberikan vaksinasi kepada para Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Ada kisah yang tak terlupakan harus dijalani para nakes di Kecamatan ini. Salah satunya kerap diamuk saat melakukan pendekatan.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Puskesmas Selat Karangasem, dr. I Gusti Lanang Udiana. Prinsip vaksinasi yang tak boleh memaksa, membuat nakes harus berupaya untuk mampu membangun komunikasi dengan ODGJ. “Ini cukup menantang, sebab vaksinator tak hanya harus paham tentang vaksin, namun juga harus mampu menjalin komunikasi. Memberi edukasi ODGJ agar mau diberi vaksin. Karena prinsip kami tidak boleh ada pemaksaan saat proses vaksin,” ujar dr. Udiana, beberapa waktu lalu.

Menantang sekaligus berkesan jika komunikasi gagal, petugas kerap kali harus menerima amukan dari ODGJ. “Jika sudah demikian, maka vaksinasi terpaksa kami tunda,” sambungnya.

Baca juga :  Kematian Babi Juga Terjadi di Samuh, Peternak Enggan Melapor

Terkait kondisi ini, menjaga situasi agar tetap terkendali petugas vaksinator ketika turun lapangan akan turut serta mengajak aparat desa dan keluarga ODGJ untuk turut serta membangun komunikasi. Dengan upaya ini, ODGJ yang sulit didekati akan sangat terbantu lewat perantara komunikasi keluarga terdekat.

Tak hanya rentan diamuk, tantangan dalam pelaksanaan vaksinasi ODGJ adalah petugas harus rela berjalan kaki berkilo-kilo. “Banyak ODGJ yang tinggalnya di wilayah perbukitan. Bahkan ada yang tidak bisa diakses kendaraan. Sehingga harus menempuh jarak yang cukup jauh. Ini juga jadi tantangan, ” imbuh Udiana.

Baca juga :  Wabup Suiasa Ajak Masyarakat Kerobokan Kaja Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Bekerja mendaki perbukitan, dengan tetap mengenakan alat pelindung diri, menjadi tantangan yang cukup sulit. Kendati demikian, pihaknya tak patah arang. Berbagai upaya terus dilakukan dalam menuntaskan vaksinasi untuk 102 ODGJ yang terdata di Kecamatan Selat.

“Semoga dengan upaya ini, semua pihak dapat terlindungi. Sehingga pandemi Covid-19 dapat segera terkendali,” harapnya. (yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini