TPA Sampah Peh Overload, Jembrana Buka Ini

picsart 09 26 04.53.22
TINJAU TPA - Peninjauan TPA sampah di Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara.

Negara, DENPOST.id

Gunungan sampah di TPA Peh di Desa Kaliakah kini semakin tinggi. Kondisi TPA sampah Peh juga sudah overload. Upaya dengan pemilahan sampah sudah mulai dilakukan.

Kondisi sampah yang terus menumpuk ini, menjadi perhatian Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Bupati Tamba membuka peluang bagi pihak ketiga dalam penanganan sampah kabupaten dengan lebih profesional, serta menggencarkan pengelolaan sampah berbasis sumber, seperti yang dicanangkan Gubernur Bali, Wayan Koster.

Baca juga :  Pemprov Pelopori Terapkan PeduliLindungi di Perkantoran

Pengelolaan sampah ini sudah mulai dilakukan di sejumlah desa/kelurahan di Jembrana melalui TPS3R.

Bupati Tamba saat meninjau TPA Peh bersama PT Reciki Mantap Jaya, I Putu Ivan Yunata, Minggu (26/9/2021) mengatakan di Jembrana baru delapan desa/kelurahan yang ada TPS3R. Ini katanya akan terus digalakkan. Tidak menutup kemungkinan ada pihak ketiga untuk penanganan sampah.

“Kalau kita berpikir menangani dengan (anggaran) APBD kita, payah sekali dan butuh biaya yang banyak,” terang Bupati Tamba.

Baca juga :  Bantah Covid-kan Pasien, Warga Diminta Tak Ragu ke RS Negara

Untuk penanganan sampah, katanya perlu peran bersama. Mulai bupati hingga masyarakat juga sangat penting. Masyarakat harus sudah mulai sadar bahwa sampah menumpuk ini berbahaya ke depan, serta persoalan sampah ini dialami dari tahun ke tahun dan di seluruh daerah. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini