Apresiasi Pendonor Aktif, Gubernur Koster Siapkan Kartu Khusus untuk Pelayanan Kesehatan

Apresiasi Pendonor Aktif, Gubernur Koster Siapkan Kartu Khusus untuk Pelayanan Kesehatan
HUT PDDI - Gubernur Bali Wayan Koster bersama Ketua Umum PDDI Komjen Pol (Purn.) H.Adang Daradjatun saat menghadiri perayaan HUT ke-43 PDDI di The Patra Bali Resort & Villas, Tuban, Badung, Sabtu (25/9). (DenPost.id/ist)

Sumerta, DenPost.id

Gubernur Bali Wayan Koster menggugah masyarakat untuk berdonor darah kendati di tengah pandemi covid-19. Khusus bagi para pendonor senior atau lansia, dia akan memberi apresiasi melalui kartu khusus. Hal itu disampaikan Gubernur Koster pada Sabtu (25/9/2021)  serangkaian HUT ke-43  PDDI di The Patra Bali Resort & Villas, Tuban, Badung.

Untuk itu, Koster telah menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya agar segera menindaklanjutinya. “Pak Kadis Kesehatan tolong langsung proses. Langsung terbitkan kartunya, dan dibuatkan data base dengan baik. Buatkan sistem aplikasi supaya ketahuan datanya,” ungkap Gubernur.

Bagi mereka yang telah mendonorkan darahnya 100 kali, misalnya, Gubernur Koster menyebut harus diberikan penghargaan. Menurutnya, aksi donor darah merupakan suatu yang penting untuk menolong masalah kemanusiaan. “Saya setuju untuk diterbitkan kartu khusus. Nanti mereka (pendonor) mendapat pelayanan kesehatan yang baik. Saat masuk rumah sakit bisa mendapat pelayanan khusus agar tidak ngantre lama,” tegasnya.

Gubernur Koster menambahkan kesehatan adalah harta yang tidak ternilai harganya, apalagi saat dalam situasi kritis, dimana setetes darah sangat berarti untuk kehidupan ini.  Untuk itu apresiasi disampaikannya ke pengurus dan anggota PDDI yang dengan sukarela memberikan segenap dedikasinya secara terus-menerus menggemakan ke masyarakat agar bersedia mendonorkan darah.

Baca juga :  Bahayakan Pejalan Kaki, Trotoar di Jalan Gatsu Barat Dibiarkan Jebol

Gubernur juga punya semangat yang sama di sisi kemanusiaan yakni mewujudkan krama (warga) Bali yang sejahtera dan bahagia sekala-niskala sesuai amanat visi ‘’Nangun Sat Kerthi Loka Bali’’.

“Untuk itu dalam kesempatan ini, saya mengajak jajaran pengurus dan seluruh anggota PDDI supaya selalu bersinergi dengan pemerintah menjalankan misi sosial ngayah (tanpa pamrih) kepada sesama,” tandas Gubernur asal Sembiran, Buleleng ini.

Ketua Umum PDDI Komjen Pol (Purn.) H.Adang Daradjatun yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan kehadiran Gubernur Koster pada kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-43 PDDI ini mencerminkan  bahwa pemerintah daerah memberikan perhatian khusus pada kesetiakawanan sosial.

Baca juga :  Anjani Sempat Terdeteksi di Kota Ini

Dia berharap kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih PDDI dalam meningkatkan kesiapan darah di Pulau Dewata.

Ketua PDDI Daerah Bali Ketut Pringgantara menyampaikan bahwa PDDI setiap hari bergerak cepat, terlebih di masa pandemi untuk memenuhi kuota kantong darah di beberapa rumah sakit di kabupaten/kota se-Bali.

“Kami melakukan kegiatan Goes to Campus di Bali untuk merekrut generasi muda agar mereka mau ikut mendonorkan darah. Selain itu ada Goes to Milenial untuk mendatangi generasi muda yang berusia 17 tahun. Kami juga mendatangi banjar-banjar agar masyarakat ikut berpartisipasi mendonorkan darah,” tandasnya. (wir)

Baca juga :  Perusak Baliho Kapolda Bali Akhirnya Teridentifikasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini