Bali Kembali Capai Tambahan Kasus Covid-19 Terendah

Konsep Otomatis
Gubernur Bali Wayan Koster

Sumerta, DenPost.id

Gubernur Bali Wayan Koster menyebut jumlah kasus covid-19 di Bali dalam beberapa hari terakhir ini menurun. Hal ini merujuk data pada Minggu (26 /9/2021) bahwa warga yang terpapar covid-19 hanya 85, sedangkan pasien sembuh 148, dan warga yang meninggal hanya empat.

“Ini angka terendah dalam beberapa bulan terakhir. Kesembuhan pasien juga mencapai 95 persen. Kasus aktif menurun signifikan dari Agustus yang mencapai 12 ribu dan saat ini hanya 1.749,” beber Gubernur Koster dalam sidang paripurna ke-26 DPRD Bali Masa Sidang II Tahun 2021, Senin (27/9/2021).

Baca juga :  Sukarena Tak Dapat Rekomendasi Jika Tak Penuhi Syarat Ini

Keberhasilan Bali dalam mengendalikan kasus covid-19 itu tak lepas dari dukungan seluruh elemen, khususnya jajaran DPRD Bali yang mendukung Pemprov Bali mendanai isolasi terpusat (isoter) di kabupaten/kota.

Sejalan dengan tingkat kasus covid-19 yang makin melandai, Pemprov Bali juga terus mengintensifkan vaksinasi. Berdasarkan catatan yang diperoleh Gubernur Koster, realisasi vaksinasi dosis 1 mencapai 97 persen, dan khusus yang ber-KTP Bali sebanyak 87 persen. “Sedangkan untuk vaksinasi dosis dua, realisasinya mencapai 75 persen, dan khusus warga yang ber-KTP Bali sebanyak 70 persen,” urainya.

Baca juga :  Sepekan, Enam Ibu Hamil Terindikasi Covid-19 Melahirkan di Klungkung

Mengoptimalkan capaian vaksinasi, Gubernur juga minta penambahan vaksin ke pusat.  “Awalnya kalau target 70 persen, kan kita mendapat alokasi vaksin untuk tiga juta penduduk. Saya minta target itu ditambah menjadi 3,4 juta penduduk dan itu telah disetujui pusat,” tegas Koster.

Dengan masifnya vaksinasi ini, dia berharap kekebalan kelompok tercapai pada pertengahan Oktober nanti, sehingga perekonomian Bali secepatnya pulih.

Khusus mengenai upaya pemulihan ekonomi Bali, Gubernur juga mengeluarkan surat edaran (SE) pembukaan objek wisata, mall, dan swalayan, dengan kapasitas 50 persen pengunjung. Melalui kebijakan ini, dia berharap pertumbuhan ekonomi makin membaik pada triwulan ke-4 tahun ini. Kendati covid-19 mulai dapat dikendalikan, Gubernur Koster tetap berharap agar kampanye taat menerapkan prokes tetap digalakkan di masyarakat. (wir)

Baca juga :  Stok Beras di Denpasar Aman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini