Pendemi Covid-19, Koperasi Tak Sembarangan Keluarkan Kredit

Pendemi Covid-19, Koperasi Tak Sembarangan Keluarkan Kredit
Ketua Dekopinda Kota Denpasar, I Wayan Mudana

Sanur, DENPOST.id

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekpoinda) Kota Denpasar meminta koperasi di masa pandemi Covid-19 tidak sembarangan mengeluarkan kredit dan harus tetap menjaga likuiditas agar koperasi tidak kolaps.

”Kami minta koperasi yang memiliki usaha simpan pinjam harus hati-hati mengeluarkan kredit. Pasalnya, penghasilan anggota sudah tidak ada sehingga membayar kredit atau cicilan cukup berat,’’ kata Ketua Dekopinda Kota Denpasar, I Wayan Mudana, Selasa (28/9/2021).

Baca juga :  Tiga Petingginya Jadi Tersangka, Manajemen Pelindo Hormati Proses Hukum

Mudana mengungkapkan, pengelola koperasi tetap menjaga likuiditas dengan membatasi penarikan tabungan besar-besaran atau simpanan berjangka. Pengurus koperasi harus bisa memberikan penjelasan dengan baik kepada anggota atau luar anggota agar paham dan mengerti koperasi bukan salah kelola. Permasalahan yang dihadapi koperasi saat ini wabah virus korona maka anggota terutama UKM menabung sedikit akibat turunnya pendapatan masyarakat.

”Pandemi Covid-19 kita tidak bisa memenuhi kewajiban anggota dengan baik. Beri penjelasan agar anggota mengerti dengan situasi sekarang ini agar tidak ada rumor koperasi dikatakan salah kelola dan bangkrut karena tidak berani mengeluarkan kredit,’’ kata Mudana.

Baca juga :  ITB Stikom Bali, Kampusnya Generasi Z di Era New Normal

Dikatakan Mudana, paling berat dihadapi koperasi adalah anggota meminjam uang tidak bisa membayar dan tidak memiliki penghasilan selama pandemi ini. “Kalau mengambil jaminan, tidak bisa dan kasihan kepada anggota koperasi. Ini menjadi dilema bagi pengelola koperasi di Kota Denpasar. Kita minta agar anggota dan masyarakat mengerti keberadaan koperasi di masa sulit ini. Pandemi Covd-19 ini memporak porandakan sendi perekonomian sehingga semua usaha tidak berdaya,’’ ucap Mudana.

Baca juga :  Bali Vaksinasi Perdana, Sejumlah Petinggi Gagal Penuhi Syarat

Dia berharap, pengurus koperasi tidak kendor dan menyerah dengan keadaan dan situasi seperti ini. ”Mudah-mudahan pandemi virus korona cepat hilang sehingga perekonomian kita bangkit kembali,’’ paparnya. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini