Kejar Target, Pembeli Ikan di TPI Dibekali Kartu

Kejar Target, Pembeli Ikan di TPI Dibekali Kartu
Sekretaris Dinas Kelautan, Perikanan dan Perhubungan Jembrana, Ketut Wardana Naya

Negara, DENPOST.id

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pengambengan yang selama ini terkesan semrawut dan tidak teratur segera ditertibkan. Pembeli ikan yang selama ini tidak jelas dan kerap tidak membayar retribusi, ke depan juga akan ditertibkan.

Sekretaris Dinas Kelautan, Perikanan dan Perhubungan Jembrana, Ketut Wardana Naya,  Kamis (30/9/2021) mengatakan, pembeli ikan akan dibuatkan kartu pembeli ikan (KPI). “Jadi nantinya jika pembeli ikan tidak bisa menunjukkan kartu tidak boleh melelang ikan. Nanti akan disetop,” jelasnya.

Baca juga :  Trek-trekan di Persil Candikusuma Makan Korban, Dua Orang Tewas

Bahkan kartu pembeli ikan nanti akan dilengkapi barcode. Pihaknya juga meminta agar masyarakat melaporkan jika ada pungutan karena tidak bisa mengontrol tiap hari.

Untuk pembayaran retribusi, penjual kena 1 persen dan pembeli 1 persen sesuai perda No 14 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha. “Jadi asal nimbang harus bayar retribusi. Karena data di TPI inklud dengan retribusi,” katanya.

Ke depannya, target PAD dari TPI tahun 2022  dan 2023  bisa lebih dan terkontrol pengelolaannya. Untuk tahun 2022 dan 2023 ditarget Rp 1,866 miliar. Dan tahun 2023 akan dipasang timbangan mobile. “Ini  otoritas pelabuhan karena  menaruh aset di tempat orang, nanti harus izin. Demikian juga nanti di TPI Pengambengan akan dibangun gedung baru, sehingga ikan tidak kena matahari dan kualitas ikan terjaga. Nanti gedungnya dibuat tertutup,” jelasnya.

Baca juga :  Rumah Pemangku Terbakar, Diduga Akibat Dupa

Untuk TPI higienis pihaknya hanya mengelola karena jika direhab tidak bisa. “Di TPI higienis tidak ada air dan nanti akan dibuat sumur bor. Di sini kan kendalanya yang bisa berlabuh hanya dua perahu karena di sana banyak batu. Ke depan batu-batu akan  dibersihkan sehingga kapal-kapal bisa berjejer dan diatur. Nanti kami akan koordinasikan dengan pihak pelabuhan. Kami berharap TPI Pengambengan bisa lebih baik dan target tercapai,” pungkasnya. (120)

Baca juga :  Cetak SDM Terlatih, Pemkab Jembrana Gelar Pelatihan KHA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini