Kadiskes Pertahankan Karantina Wisman Delapan Hari

picsart 05 03 07.26.32
Kadis Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya.

Sumerta, DENPOST.id

Kadis Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya menegaskan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali wajib dikarantina selama delapan hari.
Kebijakan itu menimbang faktor kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19 utamanya varian baru. Demikian ia sampaikan saat diwawancarai Jumat (1/10/2021) malam.

Menurutnya, delapan hari merupakan durasi yang cukup untuk mengetahui adanya virus dalam tubuh wisatawan. Sikapnya itu menanggapi usulan Dinas Pariwisata Kabupaten Badung.
Di sejumlah media, Plt Kadis Pariwisata Badung, Cokorda Raka Darmawan mengusulkan agar masa karantina dipersingkat, misalnya dua hari. Hal itu menimbang faktor ekonomi.

Baca juga :  Lima Pelaku Pemerkosaan Dikenakan Sanksi "Pecaruan"

“Sebaiknya tetap delapan hari, jangan terburu-buru. Terkait dengan masa inkubasi virus 5-8 hari,” ujar Kadiskes Suarjaya. Kebijakan karantina ini merupakan salah satu pencegahan penularan Covid-19 dari aktivitas pariwisata.
Saat ini, Provinsi Bali dapat mempertahankan tambahan kasus baru Covid-19 dua digit sejak 26 September 2021 lalu.

Eksistensi tersebut juga berkorelasi terhadap penetapan zona Covid-19 terhadap kabupaten/ kota di Bali. Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin mengatakan, sejak 30 September semua daerah di Bali telah berstatus zona kuning.
“Seluruh kabupaten/ kota berada pada zona kuning atau risiko rendah, yakni Kbupaten Badung, Gianyar, Bangli, Jembrana, Klungkung, Karangasem, Tabanan, Buleleng, dan Kota Denpasar. Diolah berdasarkan beberapa indikator oleh Satgas Nasional,” terangnya Jumat (1/10/2021).

Baca juga :  Pesta Miras Malam Tahun Baru, Empat Warga Diamankan

Sejalan dengan penuruan tambahan kasus, capaian vaksinasi di Bali terus meningkat. Hingga Kamis, 30 September 2021 vaksin dosis pertama mencapai 97,78 persen, sedangkan dosis kedua 78,14 persen.
Capaian vaksin pertama tertinggi dicapai Kota Denpasar sebesar 138,2 persen. Disusul Kabupaten Badung dengan capaian 112,8 persen, dan Kabupaten Klungkung sebesar 93,7 persen. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini