Berburu Kijang, Warga Sumberklampok Disergap Satgas TNBB

Berburu Kijang, Warga Sumberklampok Disergap Satgas TNBB
RILIS KASUS - Kapolres Buleleng, AKBP Andrian Pramudianto bersama Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat, Agus Ngurah Krisna Kepakisan saat merilis kasus perburuan kijang, Senin (4/10/2021), di Mapolres Buleleng.

Singaraja, DENPOST.id

Nekat berburu satwa yang dilindungi di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Kasiyanto (33) warga Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak disergap Satgas TNBB. Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat,  Agus Ngurah Krisna Kepakisan, Senin (4/10/2021) mengungkapkan, saat patroli rutin, terlihat ada sepeda motor di lokasi. “Biasanya sepeda motor orang mancing dan pemiliknya ada, ini kok di hutan. Jadi timbul kecurigaaan dan ditunggu sambil ngintip siapa itu. Tahu-tahu setelah turun dari lokasi, yang bersangkutan membawa karung berisi daging kijang sama kepala,” jelasnya.

Baca juga :  Bank Sampah Simpatik Kumpulkan Tiga Ton Sampah Plastik

Pelaku diduga masuk melalui jalur tikus sehingga lolos dari pintu penjagaan. “Kalau penjagaan cukup ketat, tapi terbagi habis untuk wilayah kerja Resort Polhut. Mereka giliran setiap hari menjaga kawasan itu dengan patroli dari pagi hingga sore karena ada satwa yang dilindungi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Buleleng, AKBP Andrian Pramudianto, mengatakan, penyergapan dilakukan pada Rabu (29/9/2021) dan kasusnya dilimpahkan ke Mapolres Buleleng.

“Tersangka dan barang bukti berupa senjata api laras panjang, pisau dan kepala kijang sudah dilimpahkan untuk diproses hukum,” ungkapnya. Pelaku dijerat pasal 42 ayat (2) jo pasal 33 ayat (3) dan pasal 21 ayat (2) UU RI No 5 Tahun 1990 tentang KSDAE dengan ancaman 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp 100 juta. (118)

Baca juga :  BOR Isoter Buleleng Menurun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini