Vaksinasi, Lansia di Belega, Blahbatuh Dijemput Aparat TNI-Polri

Vaksinasi, Lansia di Belega, Blahbatuh Dijemput Aparat TNI-Polri
JEMPUT LANSIA - Petugas melakukan penjemputan terhadap lansia di Belega, Blahbatuh, Gianyar, Selasa (5/10/2021)

Gianyar, DENPOST.id

Meski kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Gianyar terus melandai, upaya pencegahan dengan vaksinasi tetap digencarkan. Apalagi yang menyasar kalangan lanjut usia (lansia). Untuk menyukseskan program vaksinasi khusus lansia diperlukan sinergi, koordinasi dan kerjasama yang baik antara semua pihak seperti TNI/Polri dan petugas kesehatan puskesmas.

Seperti yang terlihat di Banjar Selat, Desa Belega, Blahbatuh, Gianyar Selasa (5/10/2021). Kegiatan vaksin kali ini melibatkan tim vaksinator Puskesmas Blahbatuh 1 dan operator pencatatan digital dari Dinas Ketahanan Kabupaten Gianyar, TNI dan Polri. Personel Polsek Blahbatuh bersama  Babinsa Belega sejak pagi sudah terlihat melakukan pengamanan di Balai Banjar Selat. Untuk warga lansia, aparat TNI/Polri bahkan memberikan layanan antar-jemput.

Baca juga :  Kerangka Manusia Diduga Nenek Kenjar, Dilaporkan Hilang 11 Bulan

Kapolsek Blahbatuh,  AKP Yoga Widyatmoko, mengatakan, selain melakukan pengamanan, pihaknya juga memberikan edukasi protokol kesehatan (prokes) serta pemberian masker kepada masyarakat. Seluruh warga diingatkan agar terus taat prokes 6M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga imun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Hal ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19. “Khusus warga lansia kami berikan pelayanan antar jemput dan pendampingan untuk vaksinasi,” kata Kapolsek Blahbatuh.

Dikatakannya, gerakan ini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam menyukseskan program vaksinasi khususnya yang menyasar lansia.

Baca juga :  Pasien Isoman di Jembrana Diajak ke Isoter

Gencarnya upaya vaksinasi ini diapresiasi warga Gianyar, Made Kantara. Menurutnya, semua pihak harus memiliki kesadaran mengenai pentingnya vaksin dan penerapan prokes agar pandemi Covid-19 segera berlalu, sehingga ekonomi masyarakat kembali pulih. Terlebih Kabupaten Gianyar selama ini juga bertumpu pada pariwisata. “Mari semua sadar bahwa upaya pencegahan Covid-19 itu ada pada kesadaran kita untuk ikut vaksin dan taat prokes. Menghentikan pandemi tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, masyarakat juga harus aktif berpartisipasi. Kalau pandemi sudah hilang, roda ekonomi khususnya bidang pariwisata akan kembali berputar dan kehidupan berangsur normal,” tandasnya. (116/suryaningsih)

Baca juga :  Sengketa Lahan Pelaba Pura Berakhir Damai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini