Cegah Penularan Covid-19, Petugas Tracing WNA di Ubud

Cegah Penularan Covid-19, Petugas Tracing WNA di Ubud
TRACING – Tenaga Kesehatan Puskesmas Ubud 1 saat melakukan tracing terhadap warga negara asing di Ubud, Selasa (5/10/2021).

Gianyar, DENPOST.id

Sebagai salah satu  destinasi pariwisata internasional di Kabupaten Gianyar, Ubud meningkatkan proteksi di masa pandemi Covid-19 ini.  Terlebih banyak warga negara asing (WNA) yang tinggal di wilayah  Ubud. Tidak tertutup kemungkinan ada kontak di antara warga dengan WNA tersebut sehingga berpotensi terjadi penularan Covid-19.

Karenanya, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 aktif menelusuri kontak erat melalui penerapan 3T (Testing, Tracing, Treatment). Pola ini diklaim sama penting dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Ubud,  Aiptu Nyoman Sedana Ariawan, bersama tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Ubud I, Selasa (5/10/2021) melaksanakan tracing terhadap WNA yang tinggal di kawasan Ubud yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kapolsek Ubud, AKP Made Tama, saat dimintai konfirmasi membenarkan upaya penelusuran kontak yang dilakukan oleh anggotanya bersama nakes Puskesmas Ubud 1. “Dalam tracing tersebut, selain penggalian data dan informasi terkait ada tidaknya keluarga, saudara atau orang lain yang melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan, Satgas Penanganan Covid-19 juga memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat dan penerapan protokol kesehatan (prokes),” terangnya.

Baca juga :  Sampah Masker, Rawan Didaur Ulang dan Rentan Tularkan Penyakit

Lebih lanjut dikatakan, Satgas Penanganan Covid-19 tingkat desa/kelurahan menjadi salah satu media penyampaian informasi dan edukasi tentang upaya-upaya pencegahan Covid-19. “Tracing ini dilakukan terhadap warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Satgas juga menyampaikan agar mereka yang sempat kontak menjalani isolasi mandiri di rumah dan menjauhi kerumunan,” papar Tama.

Upaya ini akan terus dilakukan sebagai salah satu upaya memutus rantai penularan Covid-19. “Kami juga selalu mengingatkan warga untuk selalu disiplin menerapkan prokes 6M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga imun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Selain itu kami juga sampaikan pentingnya 3T dan vaksinasi,” pungkasnya.

Baca juga :  Pohon Beringin di Jalan Raya Mas Terbakar

Salah seorang warga Ubud yang enggan Namanya disebut mengaku mendukung langkah-langkah yang diambil pemerintah. “Semua pasti untuk kebaikan bersama. Jadi mari kita dukung pemerintah dengan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang-orang sekitar dengan disiplin menerapkan prokes 6M dan ikut vaksinasi,” ajaknya. (116/suryaningsih)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini