Bangunan dan Pelinggih Terkubur Pasir di Karangdadi

picsart 10 05 05.59.00
JADI LAUT - Sebagian lahan proyek PPI di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Dawan telah menjadi laut, Selasa (5/10/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Kondisi abrasi di sekitar Pantai Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung semakin parah. Hal ini, terlihat di Pantai Karangdadi, Desa Kusamba, abrasi telah merongrong bangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI).

Proyek yang menelan dana sekitar Rp18 miliar itu, telah lenyap diterjang ombak. Bahkan beberapa bangunannya telah terkubur pasir laut.

Dari pantauan dilapangan, Selasa (5/10/2021), kondisi bangunan PPI sangat memprihatinkan. Selain mangkrak, bangunan yang tersisa dari PPI hanya tower air. Kondisi tower air inipun terancam ambruk ditelan ombak karena kondisinya sudah miring. Kondisi sama juga terjadi pada Padmasana, bangunan penyimpanan es yang berada di sebelah utara. Semua bangunan telah terkubur pasir laut.

Salah seorang warga yang memiliki warung ditepi pantai, Nyoman Dharma mengatakan bangunan PPI sudah hancur sejak lama. Kondisinya makin parah terjadi sekitar dua bulan lalu. Ombak besar menerjang bangunan yang ada di sekitar PPI hingga terkubur pasir. Bahkan sebagian lahan PPI sudah menjadi laut ditelan abrasi.

Baca juga :  TOSS Center Terima Bantuan Dua Mesin Pengayak Kompos

“Kejadiannya pas gerhana bulan. Dari pukul 08.00 Wita sampai 12.00 Wita, ombaknya sangat besar. Tidak hanya bangunannya saja, air laut sampai naik saat itu dan semua bangunan sudah terkubur pasir laut,” ujar Dharma.

Menurut Dharma, ombak di Pantai Karangdadi sangat besar. Diapun terpaksa memindahkan warungnya agar tidak terkena terjangan ombak. Apalagi ombak besar biasanya terjadi pada bulan purnama.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, I Dewa Sueta Negara tidak menampik kondisi PPI tersebut. Menurut Sueta Negara, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak Provinsi Bali terkait nasib PPI. Termasuk dengan bagian aset di Pemkab Klungkung. Apakah itu akan dihapus atau bagaimana. “Dengan kondisi saat ini perlu kajian mendalam jika ingin membangun ulang PPI tersebut. Apalagi pesisir Karangdadi juga sudah mengalami abrasi cukup parah,” katanya. (119)

Baca juga :  Dekat Bibir Pantai, Satpol PP Cek Pembangunan di Pantai Berawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini