Pantau Balap Liar di Jalan, Diskominfo Klungkung Akan Pasang CCTV

picsart 10 06 05.21.22
Kadiskominfo Klungkung, I Wayan Parna.

Semarapura, DENPOST.id

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Klungkung berencana menambah pemasangan CCTV atau kamera pengawas di sejumlah ruas jalan di Klungkung. Pemasangan CCTV ini, dilakukan untuk membantu tugas kepolisian dalam mengungkap kasus
kriminalitas dan kenakalan remaja yang marak terjadi di jalan.

Kadis Kominfo Klungkung, Wayan Parna, ketika dikonfirmasi mengatakan ada beberapa ruas jalan yang menjadi prioritas untuk dipasang kamera pengawas. Di antaranya di seputaran By-pass Ida Bagus Mantra di wilayah simpang Watu Klotok, dan Tegal Besar, Desa Negari, Banjarangkan. Apalagi di sepanjang jalan By-pass IB Mantra kerap menjadi lokasi balapan liar dan aksi kriminalitas yang meresahkan warga.

Baca juga :  8 Desa Masih Zona Kuning, Klungkung Perpanjang PPKM Mikro

“Ruas jalan itu, marak dimanfaatkan untuk balapan liar. Beberapa kasus pencurian juga pernah terjadi di sekitar ruas jalan itu. Tapi karena minimnya petunjuk salah satunya dari rekaman kamera pengawas, pihak berwajib kesulitan untuk memecahkan kasus tersebut,” ungkap Parna, Rabu (6/10/2021).

Menurut Parna, rencana pemasangan kamera pengawas di sejumlah ruas jalan raya ini juga atas masukan petugas kepolisian. Selain untuk pengamanan pengguna jalan, petugas kepolisian sangat membutuhkan rekaman CCTV,) untuk memecahkan suatu kasus tindak kriminal.

Baca juga :  Pengamanan Hari Raya Idul Fitri, Pemkot Denpasar Gandeng Ini

“Pihak kepolisian sering datang berkoordinasi dengan kami untuk melihat rekaman CCTV ini. Terutama untuk pengungkapan kasus,” ujarnya.

Sementara berdasarkan perencanaan awal, ada 18 ruas jalan di Klungkung daratan maupun di wilayah Nusa Penida yang akan dipasang CCTV. Selain pemasangan di ruas jalan, rencananya CCTV juga dipasang di sembilan objek wisata atau lokasi publik di Klungkung, seperti misalnya di Pantai Atuh, Pantai Penida, Pantai Klingking, dan Devil Tears di Lembongan. (119)

Baca juga :  Dapat Bantuan Ganda, 20 Warga Desa Takmung Diminta Kembalikan Dana BLT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini