Pandemi, TNI Maksimalkan Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

urine tni 1
TES URINE - Tes urine dilaksanakan jajaran Kodim 1617 Jembrana, Kamis (7/10/2021).

Negara, DENPOST.id

Di masa pandemi Covid-19, penyalahgunaan narkoba tetap harus diantisipasi dan dicegah. Jangan sampai narkoba dijadikan sebagai pelarian. Guna menangkal penyalahgunaan narkoba di kalangan keluarga Kodim 1617 Jembrana dan masyarakat, Kodim 1617 Jembrana melaksanakan  penyuluhan  Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)  dan tes urine, Kamis (7/10/2021).

Penyuluhan P4GN dibuka Kasdim  1617 Jembrana, Mayor Inf I Gusti Made Seputra, mewakili Dandim Jembrana, dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Setelah penyuluhan, dilaksanakan tes urine yang diikuti 39 orang anggota dan hasilnya negatif.

Baca juga :  DBD Meningkat Lagi, Anak Pejabat di Jembrana Meninggal

Seputra mengatakan, tes urine dan penyuluhan dilaksanakan guna mencegah penyalahgunaan narkoba. “Jika ada yang menyalahgunakan kami akan tindak tegas. Sanksinya pemecatan. Kami juga mencegah jangan sampai masa pandemi saat ini menjadikan narkoba sebagai pelarian,” jelasnya.

Pihaknya menekankan anggota dan jajaran agar bersih dari narkoba dan bisa menjadi contoh juga  inspirasi  bagi masyarakat dalam penerapan prokes di masa pandemi. “Kami harapkan pandemi segera berlalu dan masyarakat bisa lebih disiplin dalam penerapan 3 M baik memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Jadi prajurit harus memberi contoh,” harapnya.

Baca juga :  Hiu Raksasa Terdampar di Pantai Pekutatan

Dalam kegiatan P4GN hadir para Perwira Kodim 1617/Jembrana Prajurit dan PNS Kodim 1617/Jembrana Ketua dan pengurus Persit KCK Cabang XXXVIII Dim 1617/Jembrana serta Anggota Poskes  Negara yang bertindak melakukan tes urine terhadap anggota Kodim 1617/Jembrana.

Kasdim juga mengatakan  sosialisasi P4GN ini merupakan kegiatan program yang dilakukan secara rutin, di mana kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang bagi Prajurit TNI khususnya anggota Kodim 1617/Jembrana.

Baca juga :  Nasabah Tuntut KSP Pariartha Sejahtera Kembalikan Uang

Diharapkannya, dengan diadakan penyuluhan dan pemeriksaan urine secara rutin seluruh prajurit khususnya anggota Kodim 1617/Jembrana terbebas dari Narkoba dan tidak terlibat dalam peredarannya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini