Meski Belum Berdampak Banyak, Pembukaan Wisman Disambut Baik

picsart 10 07 03.17.40
MULAI BUKA - Salah satu hotel di kawasan Candi Dasa, Karangasem mulai buka dan beroperasi.

Amlapura, DENPOST.id

Rencana dibukanya border pariwisata mancanegara disambut baik para pengusaha hotel dan restoran di Kabupaten Karangasem. Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) cabang Karangasem, Wayan Kariasa, mengatakan, meski kebijakan ini belum berdampak signifikan, namun ia optimis akan jadi awal bangkitnya pariwisata.

“Memang tingkat hunian belum ada pengaruh langsung kepada kami. Namun,denyut mulai terasa,” ujar Kariasa diwawancara beberapa waktu lalu. Ia berharap pemerintah konsisten degan keputusannya, sehingga wisatawan yang berkeinginan berlibur tak kecewa dan bisa mulai mempersiapkan diri. “Karena untuk wisman berlibur saat ini akan lebih banyak menghabiskan waktu serta biaya, ” kata Kariasa.

Baca juga :  Terbatas Akses Kesehatan, Warga Miskin akan Dijemput

Sembari menanti border dibuka, pihaknya terus berupaya melengkapi sarana protokol kesehatan. Selain itu juga mempersiapkan SDM atau staf yang bebas dari penularan Covid-19. “Kami tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Untuk ikut berkontribusi agar kasus tetap terkendali, ” ucapnya.

Ditanya terkait kondisi hotel di Karangasem, Kariasa menuturkan pascadibukanya sektor pariwisata, memang ada bokingan yang masuk dari wisatawan. Namun jumlahnya masih satu digit. “Itu untuk di bulan November. Sementara Desember belum ada. Semoga saja ada tambahan,” harapnya.

Baca juga :  Murniati Ditemukan Tewas Gantung Diri di Pohon Coklat

Di tengah situasi ini, ia sangat berharap kontribusi dari pemerintah dalam membantu biaya operasional. Khususnya untuk para staf agar tak sampai dirumahkan. “Salah satunya BPJS. Banyak pengusaha tak mampu membayar itu, karena kondisi sepi. Kami berharap ada bantuan atau keringanan. Sehingga pengusaha dapat tetap bertahan,” pungkasnya. (yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini