Berdayakan Perempuan Lewat Pelatihan Tata Rias

picsart 10 07 08.18.08
TATA RIAS - Pelatihan etika tata rias diri yang dilaksanakan di Wantilan Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kamis (7/10/2021).

Negara, DENPOST.id

Paiketan Krama Istri Bali (Pakis Bali) menggelar acara khusus berupa pelatihan terkait etika tata rias diri. Pelatihan yang diikuti sebanyak 25 orang ini, berlangsung di Wantilan Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kamis (7/10/2021).

Di sela-sela pembukaan pelatihan itu, Bupati I Nengah Tamba, didampingi Bendahara Pakis Bali, Gung Sri Satria Narada, mengaku sangat mengapresiasi Pakis Bali untuk menggelar pelatihan khusus terkait dengan tata rias diri bagi kalangan ibu rumah tangga. Selama ini, kegiatan umat sangat kompleks.

Baca juga :  Seorang Bayi dan Ibu Hamil Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Jembrana

“Ini patut kita lestarikan untuk keajegan Bali ke depan. Kita ketahui bersama, kalau saat ini kegiatan umat itu sangat luar biasa dan padat sekali, sehingga pelatihan tata rias diri akan sangat membantu dan meringankan beban ibu-ibu,” ujarnya.

Sementara Ketua Pakis Bali, yang diwakili bendahara Gung Sri Satria Narada yang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana, Candra Tamba mengaku kalau pelatihan yang dilakukan di Kabupaten Jembrana dilaksanakan di dua desa adat, yakni Desa Adat  Gumbrih, Kecamatan Pekutatan dan desa adat di Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana.

Baca juga :  Masuk TPI Pengambengan, Wajib Bawa Surat Vaksin 

Ny. Satria Narada  menambahkan materi yang diajarkan mulai dari etika busana adat Bali, pusung tagel dan tengkuluk lelunakan. Pelatihan diharapkan akan memberikan manfaat bagi kalangan ibu-ibu di desa. “Kita ketahui kegiatan umat dan adat di Bali sangat padat. Untuk meringankan biaya dan beban ibu-ibu itu dalam urusan tata riasnya maka pelatihan ini menjadi solusi. Harapannya, mereka nantinya bisa menghias dirinya sendiri tanpa mengeluarkan biaya apalagi saat pandemi Covid-19,” pungkasnya. (120)

Baca juga :  "Perangi Covid-19", Buat Lab PCR

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini