Jadi Percontohan Desa Inklusif, Disabilitas di Desa Pempatan Dapat Layanan Istimewa

LAYANAN DISABILITAS - Pelayanan Desa Pempatan kepada salah satu warga disabilitas.

Amlapura, DENPOST.id

Selain terkenal dengan pusat peternakan sapi, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem kini bergerak menjadi desa ramah disabilitas. Sempat menjadi percontohan desa inklusif di Bali pada tahun 2020 lalu, sederet program pelayanan khusus untuk para disabilitas diberikan desa. Salah satunya pendampingan khusus dalam mengurus surat kependudukan.

Perbekel Desa Pempatan, I Nengah Suta menuturkan ada 83 orang warga disabilitas di Desa Pempatan. Seluruhnya diberi pelayanan khusus dari pihak desa. “Kami ada program pendampingan dan penguatan lewat pelatihan. Program tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2020,” kata Suta, Minggu (10/10/2021).

Baca juga :  Jelang Karya di Pura Besakih, Ratusan Pemangku Divaksin

Pendampingan meliputi berbagai program pelayanan khusus. Di antaranya rutin melakukan kunjungan kepada warga disabilitas lansia dan balita, serta mendampingi khusus dalam proses pembuatan surat-surat. “Bahkan dalam kegiatan-kegiatan desa yang melibatkan warga disabilitas, pihak desa langsung yang memfasilitasi antarjemput,” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk warga disabilitas usia produktif juga diberikan pelatihan membuat tusukan sate. “Ada 20 warga disabilitas produktif di desa ini. Sudah diberikan pelatihan sebanyak dua kali, bahkan sudah ada yang mampu mandiri menjual hasil karyanya, ” tuturnya. (yun)

Baca juga :  Prihatin, Warga Urunan Sumbang Ikan di Tirta Gangga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini