Rutan Klungkung Siapkan TPS Khusus Pilkel Serentak

Kepala Dinas PMDPPKB Klungkung, I Wayan Suteja.

Semarapura, DENPOST.id

Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di Kabupaten Klungkung akan digelar pada, 24 Oktober 2021. Berbagai persiapan dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Klungkung agar pilkel berjalan lancar di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya mempersiapkan TPS khusus di Rumah Tahanan (Rutan). Apalagi ada empat orang narapidana yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkel serentak.

Kepala Dinas PMDPPKB Klungkung, I Wayan Suteja, dikonfirmasi, Minggu (10/10/2021) mengakui ada empat warga binaan yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkel serentak. Keempatnya berasal dari desa peserta pilkel yang berbeda, yakni Desa Lembongan, Bunga Mekar, Gunaksa, dan Negari.

Untuk pengadaan TPS khusus di rutan ini, Suteja sudah berkoordinasi dengan panitia pemilihan dari keempat desa tersebut, dan juga KPU Klungkung.

Baca juga :  Tiga Hari, Penambahan Kasus di Karangasem Nihil

“Karena ada empat warga binaan tercatat dalam DPT, maka disepakati nanti dibangun satu TPS khusus di rutan. Yang mana, petugas rutan akan bertindak sebagai KPPS-nya. Setelah pencoblosan, petugas KPPS akan melakukan penghitungan suara sekaligus memutuskan sah atau tidaknya suara dan hasilnya akan dituangkan dalam sebuah berita acara,” ungkap Suteja.

Setelah dituangkan dalam berita acara, hasil penghitungan suara tersebut diserahkan petugas KPPS kepada panitia pemilihan kabupaten. Selanjutnya panitia pemilihan kabupaten yang akan meneruskan ke panitia pemilihan desa.

Baca juga :  Bangunan dan Pelinggih Terkubur Pasir di Karangdadi

“Pengiriman surat suara ke TPS khusus juga dilakukan H-1 pencoblosan, dari panitia desa ke panitia kabupaten. Nanti hari H, panitia kabupaten yang akan bawa surat suara ke TPS khusus plus saty cadangan surat suara,” jelasnya.

Yang jelas, Pilkel serentak diikuti 11 desa di Kabupaten Klungkung sudah dipastikan akan dilangsungkan, 24 Oktober 2021. Hal tersebut, diperkuat dengan terbitnya surat Menteri Dalam Negeri nomor 270/5645/SJ tentang tindak lanjut pelaksanaan Pilkades serentak dan Pemilihan Antar Waktu (PAW) masa pandemi Covid-19 pasca penundaan. Yang mana di salah satu poinnya disebutkan bahwa daerah yang status PPKM-nya berada di level 3, sudah diperbolehkan menyelenggarakan pilkel serentak. (119)

Baca juga :  Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, ARW Refleksikan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini