Ribuan KK di Tianyar Tengah Krisis Air

picsart 10 12 01.28.21
DISTRIBUSI AIR - Distribusi air bersih di Desa Tianyar Tengah, Selasa (12/10/2021).

Amlapura, DENPOST.id

Sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem mulai mengalami krisis air bersih. Salah satunya di Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Karangasem. Sejak 3 bulan terakhir, ribuan warga di desa ini harus membeli air dengan harga yang cukup mahal. Menanggapi hal ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Karangasem menyalurkan puluhan ribu liter air di desa ini, Selasa (12/10/2021). Melewati medan yang cukup terjal, PMI baru bisa menyalurkan bantuan di dua dusun dari enam dusun yang membutuhkan.

Baca juga :  Air Telaga Waja Akhirnya Sampai di Tianyar Barat

Divisi Penanggulangan Bencana PMI Karangasem, Agus Dwi Hartono, mengatakan, pihaknya menyalurkan 10.000 liter air yang terbagi di dua dusun. Pertama 5.000 liter di Dusun Pedahan Kaja, kedua dengan jumlah yang sama di Dusun Padang Aji. “Pihak desa sempat bersurat kepada kami. Ini penyaluran air kami pertama kali di tahun ini,” terangnya.

Pantauan media di lapangan, penyaluran dilakukan di satu cubang penampungan air tiap dusun. Nantinya warga yang membutuhkan dapat mengambil air di cubang tersebut. Dalam proses distribusi air, kondisi medan menjadi kendala. Sebab, sebagian besar wilayah di Desa Tianyar Tengah adalah kawasan perbukitan. “Tadi kami harus kosongkan dulu sedikit dengan menampung di ember warga, agar mobil tangki bisa masuk dekat cubang,” tuturnya.

Kepala Dusun Padang Sari, Made Sebetan, menyambut baik bantuan air bersih ini. Warganya, khususnya warga kurang mampu amat terbantu di tengah harga air bersih yang mahal. “Karena kami ada di dusun atas kami harus mebeli sebesar Rp 450 ribu per tangki. Ini hanya bisa digunakan 1 sampai 2 minggu, ” paparnya. Sebetan menuturkan, tak ada pilihan lain bagi warga, sebab selama ini warga hanya mengandalkan air hujan. “Sudah 3 bulan tidak ada hujan. Kami berharap pemerintah dapat terus membantu kami,” ucapnya. (yun)

Baca juga :  Nelayan Bunutan Dihantam Ombak, Ayah Hilang, Anak Selamat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini