Ratusan Warga Terjaring Sidak Vaksin di Pengambengan

sidak vaksin 1
SIDAK VAKSIN - Sidak vaksin yang dilaksanakan tim gabungan di Pengambengan.

Negara, DENPOST.id

Petugas gabungan dari Koramil 1617/01  Negara, Polsek Negara, Satpol PP dan petugas Kesehatan Jembrana, Selasa (12/10/2021) menggelar sidak vaksin di pintu masuk Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Desa Pengambengan. Dalam sidak tersebut petugas menjaring ratusan warga yang belum tervaksin.

Sidak yang dilaksanakan dari pagi hingga siang menjaring 110 warga. Dari 110 warga yang terjaring, 78 orang di antaranya kedapatan belum divaksin dosis II hingga lewat waktu yang ditentukan. Sementara 32 orang lainnya belum divaksin sama sekali. Karenanya mereka yang belum mendapat vaksin langsung divaksin untuk dosis pertama.

Baca juga :  Petugas Masih Lakukan Penyekatan Pemudik

Danramil 1617/ 01 Negara, Kapten CHB Karyanti, mengaku kesulitan dalam melaksanakan sidak vaksin di Desa Pengambengan. Pasalnya kesadaran warga akan pentingnya vaksin untuk mencegah penularan virus Covid-19 sangat rendah. Ditambah lagi banyak warga yang sengaja menghindar dan mencari jalan alternatif untuk menghindari sidak.

“Sulit memang  kita lakukan kegiatan ini di lapangan karena masyarakat tidak transparan, sering menghindar. Rata-rata  mereka menghindar, semuanya tidak mau divaksin. Jadi kami gelar sidak vaksin. Dari sidak ini kami mampu menjaring 110 orang. Kalau tidak dilakukan kegiatan semacam ini, mungkin kita kesulitan menjangkau masyarakat nelayan yang bekerja di Pelabuhan Pengambengan,” jelasnya.

Baca juga :  Petugas Keswan Jembrana Cek Kesehatan Hewan Kurban

Dikatakannya, sidak vaksin ini akan terus dilakukan hingga seminggu ke depan. Diharapkan dengan cara ini akan mampu mempercepat capaian vaksinasi di Jembrana.

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama jajaran Satgas Covid-19 Jembrana kembali memantau jalannya sidak vaksinasi. Selasa (12/10/2021), Tamba memantau di Pasar Umum Melaya. Secara umum pengunjung pasar sudah mulai disiplin dan  hampir seluruhnya sudah membawa sertifikat vaksin.

Baca juga :  Delapan Warga Jembrana Digigit Anjing Rabies

Hanya beberapa pengunjung yang kedapatan belum divaksin dan secara langsung divaksin di tempat oleh tim vaksinator. Tamba berharap warga yang belum vaksin agar segera ke tempat vaksin sehingga tercapai kekebalan kelompok. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini