Pariwisata Mulai Pulih, Lapangan Kerja Satpam Diharap Ini

picsart 10 12 06.56.41
Ketua ABUJAPI Pusat, A. Darmawan.

Sumerta, DENPOST.id

Rencana dibukanya pariwisata Internasional menjadi harapan baru bagi profesi jasa pengamanan, salah satunya satuan pengamanan (Satpam).
Akibat pandemi, profesi ini ikut terdampak pemutusan hubungan kerja.

Hal ini diakui Ketua DPD ABUJAPI Bali, I Nyoman Sutapa yang diwawancarai dalam Musyawarah Daerah ke-2 ABUJAPI, Senin (11/10/2021) di di Four Star By Trans Hotel Renon, Denpasar, .

Ia optimis akan ada peningkatan permintaan jasa pengamanan lantaran sejumlah akomodasi pariwisata yang sebelumnya tutup, kini sudah kembali dibuka secara terbatas.

“Harapan kita besar sekali karena dengan dampak pandemi Covid-19 yang terjadi hampir 2 tahun ini, kini pariwisata mulai bangkit kembali,” ujarnya.

Baca juga :  Seluruh Kabupaten dan Kota Dukung Energi Bersih Bali

Sikap optimis itu, karena menurutnya sektor pariwisata berhubungan langsung dengan penggunaan industry security.
“Mudah-mudahan jika penerbangan Internasional dibuka, objek-objek wisata juga dibuka akan membawa dampak yang besar,” sambung Sutapa.

Pihaknya mengaku ABUJAPI selalu bersinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) sebagai lembaga penegak hukum resmi.
Seperti diketahui, ada tiga tingkatan pada pendidikan dan pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam), di antaranya Gada pratama, Gada madya, Gada utama.

Baca juga :  SWRO Akan Dikelola Pihak Ketiga, PDAM Diminta Ini

Lanjut Sutapa, instrukturnya selalu didatangkan dari Polda Bali, termasuk kegiatan training singkat yang dilaksanakan satu hingga dua hari.

Peningkatan kemampuan Satpam juga dipandang penting Ketua ABUJAPI Pusat, Agoes Dermawan. Menurutnya, ini menjadi salah satu upaya mendukung pemulihan pariwisata Internasional.
“Kita sedang berbenah sekarang agar satpam betul-betul kompeten. Seiring dengan rencana dibukanya pariwisata Internasional. Kami siapkan anggota kita lebih punya kemampuan,” ujarnya. (106)

Baca juga :  Prabu Catur Muka Akan Banyak Belajar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini