Istri Tantang Suami, Perebutkan Kursi Perbekel Bungamekar

lawan 1
PASUTRI - Pasangan suami-istri I Wayan Yasa dan Ni Ketut Rai Sumadewi maju tarung secara "head to head" dalam Pilkel Bungamekar, Nusa Penida.

Semarapura, DENPOST.id

“Pertarungan” unik terjadi dalam Pemilihan Perbekel (Pilkel) Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, pada tanggal 24 Oktober 2021 mendatang. Gara-gara tidak ada kandidat yang mendaftar, pasangan suami istri, I Wayan Yasa dan Ni Ketut Rai Sumadewi terpaksa maju tarung secara “head to head”. Sang suami, I Wayan Yasa merupakan kandidat petahana, sementara istrinya, Ni Ketut Rai Sumadewi tampil sebagai penantang dalam Pilkel Bungamekar 2021 ini.

I Wayan Yasa baru satu periode menjabat sebagai Perbekel Bungamekar yakni 2016-2021. Selaku petahanan, Yasa sejak awal sudah mendaftarkan pencalonannya kembali untuk tarung Pilkel Bungamekar 2021. Namun hingga jelang pendaftaran ditutup, ternyata tidak ada kandidat lain yang mendaftar sebagai calon Perbekel Bungamekar.

Baca juga :  Lima Kios di Desa Selat, Klungkung Ludes Terbakar

“Dari awal sudah saya lihat belum ada niat warga yang mendaftar. Makanya saya berpikir daripada kita cari calon pendamping lain dari luar, maka saya siapkan istri selaku pendamping. Dan, di hari terakhir pendaftaran sampai malam kita juga tunggu. Karena tidak ada yang datang, maka pukul 11 malam saya daftarkan istri saya,” ungkap Wayan Yasa, Rabu (13/10/2021).

Sejauh ini Yasa mengaku kurang tahu apa yang menyebabkan warga enggan melamar atau mendaftar menjadi calon Perbekel Bungamekar. Namun dia memperkirakan warga enggan mendaftar jadi calon perbekel karena tidak ada niat. Dia pun tidak mempermasalahkan jika istrinya menang dalam Pilkel serentak nanti. Karena selaku suami dia akan tetap mendukung istrinya sebagai perbekel.

Baca juga :  Anjing Liar "Ngamuk", Gigit Empat Warga di Tihingan

“Sebenarnya istri saya belum siap. Tapi jika menang nanti mau tidak mau harus siap. Dan saya selaku suami tetap mendampingi dan turun ke masing-masing banjar untuk minta dukungan,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan KB, Klungkung, I Wayan Suteja mengakui pasutri Wayan Yasa dan Ni Ketut Rai Sumadewi sah sebagai kontestan Pilkel Bungamekar 2021, meskipun mereka pasangan suami istri. Apalagi  sesuai aturan untuk melaksanakan Pilkel di satu desa minimal harus ada dua calon, dan maksimal harus ada lima calon.

Baca juga :  Gunakan Pakan Limbah Hotel, 50 Peternak Babi Berisiko Tertular Penyakit

“Sampai jadwal pendaftaran ditutup, cuma dua orang itu yang mendaftar. Jadi keduanya sah sebagai calon Pilkel Bungamekar” jelasnya.

Untuk diketahui, Pilkel serentak di Klungkung diikuti 11 desa yang tersebar di seluruh kecamatan. Untuk di Kecamatan Nusa Penida ada tiga desa yang menggelar Pilkel, yakni Desa Sekartaji, Bungamekar dan Lembongan. Kemudian di Kecamatan Banjarangkan empat desa, meliputi Desa Negari, Banjarangkan, Getakan dan Bungbungan. Sedangkan di Kecamatan Klungkung sebanyak 3 desa, yakni Desa Akah, Tegak, dan Selisihan. Terakhir di Kecamatan Dawan hanya satu desa, yaitu Desa Gunaksa. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini