Suwirta Minta PDAM Gencarkan Sosialisasi Sambungan Baru di Tanglad dan Pejukutan

debit 1
SUMBER AIR - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, ketika meninjau sumber mata air Guyangan di Nusa Penida, Kamis (14/10/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meminta PDAM untuk lebih gencar melakukan sosialisasi sambungan baru di Desa Tanglad dan Pejukutan, Nusa Penida. Hal ini menyusul bertambahnya debit air Guyangan yang awalnya 20 liter per detik menjadi 35 liter per detik setelah adanya penambahan mesin pendorong oleh Balai Wilayah Sungai Bali-Penida.

“Untuk warga Tanglad dan Pejukutan silahkan respon lebih cepat. Silahkan segera mengajukan sambungan rumah, karena air sudah ada. Jangan sampai air hanya dimanfaatkan untuk keran umum saja,” ujar Suwirta ketika meninjau sumber mata air Guyangan bersama  Direktur PDAM Klungkung, I Nyoman Renin Suyasa; Kabag Baperlitbang, AA Gede Lesmana dan Camat Nusa Penida, I Komang Widyasa Putra, Kamis (14/10/2021).

Baca juga :  Bangkai Babi di Bakas Akhirnya Dikubur

Menurut Suwirta, Balai Wilayah Sungai Bali-Penida telah menambahkan dua mesin pendorong untuk mendorong air dari reservoar satu sampai ke reservoar enam. Namun diakui hanya satu mesin yang bisa diaktifkan. Karena jika mesin dihidupkan dua, maka air cenderung surut di penangkapan bawah. Ini berarti masih banyak air yang harus dimasukkan ke bak penangkap dari sumber mata air.

“Saat bedah desa, kami sempat meninjau reservoar enam yang berada di Banjar Caruban, Desa Tanglad. Di reservoar ini sama sekali tidak ada air yang masuk. Tapi dengan penambahan mesin pendorong ini, air dapat mengalir sampai di reservoar enam dan penuh,” ungkapnya.

Baca juga :  Kesadaran Warga Memilah Sampah Turun, Suwirta Lakukan Ini

Dengan adanya penambahan mesin pendorong tersebut, Suwirta langsung menugaskan Direktur PDAM, Nyoman Renin untuk segera mengumumkan kepada masyarakat Tanglad dan Pejukutan untuk mengajukan sambungan rumah.

Suwirta juga mengucapkan terima kasih kepada BWS yang sudah meningkatkan debit airnya dengan penambahan dua mesin pendorong. Dia yakin jika  semua mata air bisa ditangkap maka kebutuhan air di Nusa Penida ini bisa tercukupi. Apalagi untuk pemenuhan air di Nusa Penida di tahun 2021 ini sudah jalan dengan peminjaman PEN.

Baca juga :  Harga Cabai Merah di Pasar Galiran Tembus Segini

“Saya yakin tahun 2022 semua masalah air di Nusa Penida bisa dicukupi. Mohon bersabar bagi yang belum mendapatkan air,” imbuhnya. (c/119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini