Gempa, Rumah dan Sanggah di Pempatan, Rendang Rusak Parah

picsart 10 16 08.17.07
DAMPAK GEMPA - Bangunan sanggah warga di Desa Pempatan, Rendang, Karangasem rusak akibat gempa yang mengguncang pada Sabtu (16/10/2021) pagi.

Amlapura, DENPOST.id

Gempa yang mengguncang Bali, Sabtu (16/10/2021) pagi berdampak ke sejumlah wilayah di Karangasem. Salah satunya di Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem. Puluhan rumah dan tempat ibadah rusak parah.

Sekretaris Desa Pempatan, Nengah Mahayani, mengungkapkan, saat gempa terjadi warga panik. “Setelah gempa banyak warga shock dan menangis karena panik. Banyak rumah dan sanggah rusak. Mengenai data kerusakan masih sedang didata,” ungkapnya.

Baca juga :  Bermain Pasir dan Berpose di Pantai Klingking, Seorang Wisdom Digulung Ombak

Tak hanya di Desa Pempatan, informasi di lapangan juga menyebutkan kerusakan juga terjadi di sejumlah wilayah. Di antaranya di Dusun kunyit, Desa Besakih dan sejumlah Dusun di Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem. Sekretaris BPBD Karangasem, Eka Tirtana saat dimintai kongirmasi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan. “Kami masih assment, laporan lengkapnya menyusul, ” pungkasnya.

Sementara itu, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada koordinat 8,32° LS; 115,45° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km barat laut Karangasem, Bali pada kedalaman 10 km.

Baca juga :  Tanpa Alasan, Ratusan Peserta CPNS Tak Ikut SKD

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Raharjo, memaparkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. (yun/113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini