Akses Jalan Tertimbun Longsor, Dua Desa di Kintamani Terisolir

picsart 10 16 10.28.13
EVAKUASI - Evakuasi korban gempa harus lewat jalur Danau Batur lantaran akses jalan darat tertimbun longsor. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Selain memakan korban jiwa, gempa gumi yang disusul terjadinya longsor, Sabtu (16/10/2021) subuh itu juga mengakibatkan dua desa di Kintamani terisolasi sementara. Yakni Desa Abang Batudinding dan Desa Terunyan. Sebab material longsor berupa tanah dan batu-batu besar menimbun badan jalan, sehingga akses jalan tertutup total. Evakuasi para korban pun terpaksa lewat jalur Danau Batur.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bangli, I Ketut Agus Sutapa, menyebutkan, sejumlah rumah warga diketahui mengalami kerusakan terutama di bagian tembok dan atap. Termasuk Kantor Desa Buahan juga mengalami kerusakan. Bagian tembok retak dan genteng berjatuhan. Selain menyebabkan kerusakan bangunan, gempa juga menyebabkan sejumlah titik longsor di Bukit Abang, tepatnya di jalur Desa Buahan menuju Desa Terunyan, Kintamani. “Perlu alat berat untuk proses evakuasi. Kami sudah koordinasi dengan Dinas PU baik kabupaten dan provinsi untuk diperbantukan alat berat,” jelasnya.

Baca juga :  Diduga Tersinggung, Warga Penglumbaran Tebas Kelian

Terkait total kerusakan yang terjadi, Sutapa mengatakan sementara ini belum diketahui. “Kami masih melakukan pendataan kerusakan termasuk korban akibat gempa,” tandasnya. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini