Ayah Lumpuh, Siswi SMP Kerja Serabutan Demi Keluarga

picsart 10 17 01.06.29
BELAJAR SAMBIL BEKERJA - Dewa Ayu Kade Saraswati, siswi kelas 1 SMP yang harus belajar sambil bekerja karena kondisi orangtuanya yang sakit.

Negara, DENPOST.id

Semangat Dewa Ayu Kade Saraswati, gadis kelahiran Banjar Anyar Tembles, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, 1 Juni 2009 ini, patut diacungi jempol.

Diusia belia, siswi kelas 1 SMPN 1 Mendoyo ini sudah harus bekerja serabutan agar keluarganya bisa membeli beras dan kebutuhan lainnya.
Hal ini, disebabkan saat perekonomian ayahnya Dewa Putu Kompyang Sujana yang sebelumnya menjadi pemangku di Pura Gua Tirta Rambut Siwi ini, sakit akibat stroke sejak 21 Januari 2021.

Baca juga :  Tabrak Pantat Truk, Pemotor Terpental

Karena merasa sangat sayang dengan ayahnya, timbul niat Dewa Ayu untuk membantu orang tuanya. Selepas belajar daring dia bekerja serabutan. “Kebeneran ada yang mengajak saya kerja jadi saya coba ikut. Awalnya memang terasa berat, baik kerja jadi buruh angkut tanah dan bangunan. Tukang bersih-bersih dan lainnya. Tapi lama-lama menjadi biasa. Bahkan kalau tidak kerja terasa lain,” kata Dewa Ayu, di rumahnya selepas kerja, Sabtu (16/10/2021).

Saat sekolah daring, katanya dia bisa bekerja full dengan upah Rp20 ribu. Namun, setelah PTM (pembelajaran tatap muka) dia bekerja sepulang sekolah. “Karena sistem belajar ganjil genap saya juga kerja ketika tidak jadwal PTM/giliran daring,” jelas anak kedua dari dua bersaudara ini, didampingi ibunya Ni Made Parwati.

Baca juga :  Patuhi Protokol Kesehatan Saat Pencoblosan, KPU Anggarkan Sarung Tangan

Selain membantu orang tuanya untuk kebutuhan sehari-hari, pendapatan Dewa Ayu juga untuk mencicil HP. “Saya tidak punya HP tapi karena harus daring, saya kredit. Ini juga sudah beberapa kali nunggak. Kalau tidak bisa bayar lagi HP nya akan ditarik,” jelasnya.

Dewa Ayu mengatakan dia hanya ingin tetap sekolah sambil bekerja. Berharap suatu ketika dia bisa membahagiakan orang tuanya.

Untuk membantu keluarga ini, Yayasan Relawan Bali (YRB) menyerahkan bantuan sembako dan juga dana Rp1 juta. (120)

Baca juga :  Langgar PPKM Mikro, Pengunjung Lapangan Puputan Badung Dibubarkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini