Rumah Pasangan Lansia Tak Mampu Roboh

picsart 10 17 07.02.43
RUMAH LANSIA - Kondisi rumah pasangan lansia tidak mampu di Banyubiru.

Negara, DENPOST.id

Rumah salah seorang warga tidak mampu yang merupakan pasangan lansia M Yatim (75) dan Juhriah (70) di Banjar Banyubiru, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Sabtu (16/10/2021) sore roboh.

Rumah yang merupakan bantuan pemerintah pusat/stimulan tahun 2015 ini, roboh pascagempa yang terjadi di Bali timur.

Nenek Juhriah, Minggu (17/10/2021) mengatakan kejadiannya Sabtu sore setelah dia bangun tidur. “Saat itu saya bangun tidur siang, kemudian ke dapur tiba-tiba saja rumah bagian belakang roboh atap dan temboknya,” katanya.

Sementara Kakek M Yatim saat itu baru akan keluar dari pintu rumah, tiba-tiba tembok dan atap rumahnya roboh. Pasangan lansia ini sudah sejak lama mengasuh cucunya yang yatim piatu. “Kejadiannya sore hari. Kalau malam hari tidak tahu bagaimana jadinya. Cucu saya tidur di belakang pas di tempat roboh itu. Apalagi kami susah berjalan, kaki saya dan kakek juga sakit bagaimana harus lari,” kata Nenek Juhriah, sambil terisak.

Baca juga :  Ratusan Nakes RSUD Klungkung Divaksin Dosis Ketiga

Akibat robohnya rumah sangat sederhana yang ditempati itu, kini mereka mengungsi di rumah kerabat. Diduga robohnya rumah tersebut karena kayunya sudah lapuk dan bangunan saat dibangun bedah rumah juga tidak kuat. “Mungkin karena sering hujan angin dan kayu sudah lapuk,” kata M Yatim.

Kakek M Yatim, didampingi cucunya berharap bantuan agar rumahnya bisa diperbaiki, sehingga ada tempat tinggal.
“Kalau kami sudah tidak bisa memperbaiki rumah. Kadang beli beras saja susah. Kerja juga sudah tidak bisa,” kata M Yatim yang kini sudah susah berjalan.

Baca juga :  Banyak Pelayan Adat dan Sosial Belum Divaksin

Sementara Perbekel Banyubiru, Komang Yuhartono dikonfirmasi membenarkan kejadian rumah roboh tersebut. BPBD Kabupaten Jembrana sudah turun ke lokasi. “Kami masih mencari solusi untuk membantu keluarga tersebut,” kata Yuhartono.

Sementara Komunitas Relawan Jembrana (KRJ) sudah datang ke lokasi dan membantu pasangan lansia tersebut dengan dana Rp500 ribu. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini