Mensos Risma Perintahkan Pemkab Bangli Petakan Tempat Pengungsian

picsart 10 18 06.54.11
LOKASI BENCANA - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, saat meninjau lokasi bencana tanah longsor di Desa Terunyan, Kintamani, Senin (19/10/2021)

Bangli, DENPOST.id

Memiliki kawasan yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan, Kabupaten Bangli beresiko dan sangat rentan mengalami musibah bencana. Hal ini, patut diantisipasi dan diwaspadai paling tidak memiliki tempat pengungsian yang permanen.

Karenanya, Pemkab Bangli diharapkan melakukan pemetaan tempat yang aman untuk mengungsikan warga apabila terjadi longsor susulan. Demikian ditegaskan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, saat meninjau lokasi bencana tanah longsor di Desa Terunyan, Kintamani, Senin (19/10/2021).

Baca juga :  Ratusan PMI di Klungkung Sudah Divaksin

“Jadi begitu hujan turun semua penduduk harus diungsikan ke temat yang aman,” tegas mantan Walikota Surabaya ini.

Menurut dia, dalam melakukan evakuasi warga juga dibarengi dengan menyediakan perahu. Namun baginya bukan menyiapkan sekadar perahu, namun harus ada baper stoknya. Mengingat saat mengungsikan juga ada lansia. “Kebutuhan makanan agar aman hingga mereka benar-benar aman. Karena untuk mengevakuasi warga lewat darat sudah tidak mungkin, jadinya satu-satunyaa jalan evakuasi adalah air,” ucapnya.

Baca juga :  Pasar Baru Dibuka, Pedagang Pulang Lebih Awal

Tindak lanjutnya, jelas dia, pihaknya akan membantu perahu, namun jumlahnya bakal disesuaikan nantinya. Selain itu, pihaknya juga telah membantu tenda-tenda pengungsian. Sementara untuk logistiknya tidak ada masalah. Kalau seandainya pertolongan baru bisa dilakukan satu sampai dua hari, maka mereka masih bisa bertahan. “Untuk logistik saat ini masih memadai bagi warga terdampak bencana,” ungkapnya.

Yang lebih penting perlu dipikirkan saat ini, kata dia, bagaimana berupaya mencegah jatuhnya korban lain. Mengingat, kebanyakan penduduk bermukim di lokasi rawan. Pihaknya melihat sejumlah Negara banyak penduduknya tinggal seperti itu. Namun, ketika penanganan bisa dilakukan dengan baik, maka jatuhnya korban bisa dicegah. “Tadi saya sudah meminta bupati dan kepala desa untuk menyiapkan lokasi aman sebagai langkah antsipasi terjadi bencana saat hujan turun,” pungkasnya. (128)

Baca juga :  Pleno KPU Bangli, Paket Sadia Menang Pilkada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini