Berbagai Pihak Turut Bantu Korban Gempa, Bupati Dana Sampaikan Terimakasih

picsart 10 20 06.20.00
TINJAU BENCANA - Bupati Karangasem, Gede Dana, saat meninjau ke lokasi bencana, beberapa waktu lalu.

Amlapura, DENPOST.id

Gempa bumi dengan Magnitudo 4,8 pada, (16/10/2021) memporak porandakan dua desa di Karangasem, di antaranya Desa Ban, dan Desa Pempatan. Banyak korban dan ratusan rumah hancur.

Kondisi ini mematik kepedulian banyak pihak. Bantuan logistik dari relawan terus berdatangan. Terkait kondisi ini, Bupati Karangasem, I Gede Dana mengucapkan terimakasih.

“Saya atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karangasem menghaturkan terimakasih kepada para donatur dan relawan yang telah memberikan bantuan warga kami yang tengah mengalami musibah gempa. Semoga segala kebaikan dan keikhlasannya dibalas oleh Tuhan yang Maha Esa,” ucap Gede Dana, Rabu (20/10/2021).

Lebih lanjut Dana menyatakan pemerintah akan terus melakukan penanganan optimal, khususnya penanganan pascabencana. Dengan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat, ia berharap kebutuhan hidup warga korban gempa bisa terpenuhi dengan baik termasuk kesehatannya. “Selanjutnya kami akan mengambil langkah-langkah untuk perbaikan infrastruktur yang mengalami kerusakan termasuk program rehabilitasi dan perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa, ” ujarnya.

Baca juga :  Sebulan, Enam Pelaku Narkoba Ditangkap

Diketahui sebelumya, gempa bumi magnitudo 4.8 yang mengguncang Karangasem pada, Sabtu (16/10/2021) membuat ribuan rumah warga di 15 enam dusun di Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem mengalami rusak ringan, sedang hingga berat. Bahkan ratusan rumah waga di Dusun Jatituhu, Desa Ban, ambruk dan rata dengan tanah.

Pasacagempa bumi yang merenggut satu korban jiwa dan 76 korban luka-luka, empati kepada warga terdampak terus berdatangan. Bantuan dari penggiat sosial dan relawan itu disalurkan ke Posko Tanggap Darurat yang dibangun BPBD Karangasem, di Kantor Perbekel Desa Ban.

Baca juga :  Sehari Dicopot, Krisna Kembali Jadi Komisioner KPU Karangasem

Bantuan untuk warga korban gempa yang masuk bermacam-macam, mulai dari sembako, susu untuk balita, popok bayi, alas tidur, terpal untuk tenda pengungsian, selimut, gula, kopi, hingga bantuan air bersih dan makanan tamabahan untuk balita.

Bupati Karangasem, I Gede Dana yang turun langsung ke lokasi bencana beberapa jam setelah kejadian gempa, langsung mengintruksikan jajarannya untuk mengambil langkah cepat setelah menetapkan status tanggap darurat bencana gempa bumi yang disertai pendirian posko tanggap darurat.

Baca juga :  Ruang Isolasi RSUD Karangasem Kosong Pasien Covid-19

Kejadian gempa bumi ini juga langsung menyentuh perhatian pemerintah pusat, di mana Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito; Menteri Sosial Tri Risma Harini, dan Menko PMK Muhadjir Effendi, terbang ke Bali guna meninjau langsung kondisi kerusakan yang diakibatkan oleh gempa termasuk memantau penanganan warga korban gempa. (c/yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini