Satu-satunya di Bali, Buleleng Raih Trofi Proklim Utama 2021

picsart 10 20 06.21.49
Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana.

Singaraja, DENPOST.id

Kabupaten Buleleng tahun 2021, kembali meraih trofi Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Kali ini, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada meraih trofi Proklim Utama. Raihan ini menjadi satu-satunya di Provinsi Bali.

“Ini menjadi sebuah peningkatan karena sebelumnya Desa Wanagiri berada pada Proklim tingkat madya dan raihan satu-satunya di Provinsi Bali,” ujar Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, saat dikonfirmasi mengenai keberhasilan meraih kembali trofi Proklim dari KLHK di ruang kerjanya, Selasa (19/10/2021).

Baca juga :  Renovasi Kolam Renang Pidada Buleleng Dianggarkan Segini

Agus Suradnyana menjelaskan Pemkab Buleleng selalu mendukung penuh upaya-upaya pelestarian lingkungan, khususnya dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Salah satunya buktinya adalah pengajuan desa-desa dalam kegiatan Proklim ini. Selain itu, pendampingan juga terus dilakukan. Salah satunya pada Desa Wanagiri, di mana pada tahun 2020, Desa Wanagiri meraih sertifikat Proklim tingkat madya. “Hingga pada tahun 2021, trofi Proklim Utama diterima Desa Wanagiri. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang terjadi,” jelasnya.

Desa Wanagiri berhasil meraih trofi Proklim Utama bersama 54 desa lainnya se-Indonesia. Untuk di Bali, Desa Wanagiri menjadi satu-satunya wakil dan berhasil meraih prestasi.

Baca juga :  Orok Laki-laki Hanyut di Tukad Rangda

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Gede Melandrat menyebutkan pada tahun 2020, Desa Bukti meraih trofi Proklim Lestari. Raihan pada tahun lalu ini juga menjadi satu-satunya di Bali. Dengan diraihnya Trofi Proklim Utama oleh Desa Wanagiri membuktikan bahwa perkembangan dan regenerasi sudah dilakukan dengan baik oleh Pemkab Buleleng. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini