Bunga Kasna Jadi Maskot Karangasem

kasna 1
MASKOT - Didampingi Bendesa Adat Besakih dan jajaran lainnya, Gede Dana saat menunjukkan SK penetapkan Bunga Kasna sebagai maskot Karangasem.

Amlapura, DENPOST.id

Pemerintah Kabupaten Karangasem secara resmi menetapkan Bunga Kasna sebagai maskot Kabupaten Karangasem. Sebagai bunga yang hanya bisa tumbuh di Karangasem tepatnya di kawasan Gunung Agung, Bupati Karangasem, I Gede Dana berharap langkah ini dapat menjadi salah satu bentuk pelestarian bunga yang disucikan ini.

Melalui Surat Edaran, Dana menyatakan upaya pelestarian Bunga Kasna sebagai bunga khas Karangasem yang secara turun-temurun telah memberikan nilai religius, budaya, sosial, dan ekonomi kepada masyarakat Karangasem. “Perlu dilindungi, dilestarikan, dikembangkan, serta dijadikan identitas daerah dalam mewujudkan Visi Pembangunan Daerah ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ di Karangasem melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha, Shanti, dan Nadi atau Prakerthi Nadi,” papar Dana, Rabu (20/10/2021) petang.

Baca juga :  Transformasi Digital BRI Raih Dua Penghargaan Internasional

Terkait pelestarian, Dana mengimbau kepada seluruh pihak untuk bersama-sama melindungi, melestarikan, dan mengembangkan keberadaan tanaman Bunga Kasna. Ia berharap desa adat di Karangasem menyusun pararem untuk menggunakan bunga ini dalam kegiatan upacara. “Kasna juga dapat menjadi akronim dari Karangasem Shanti lan Nadi. Sebagai harapan untuk Karangasem,” jelas Gede Dana.

Selain digunakan saat upacara agama, ia mendorong agar bunga yang hanya dapat ditemui di kawasan Gunung Agung ini digunakan dalam upacara seremonial. Baik dalam bentuk hiasan atau bisa juga sebagai maskot di DTW. “Pelaku wisata dan pengusaha hotel dan restaurant agar secara aktif mempromosikan dan membuka akses pasar Bunga Kasna dalam berbagai kegatan lokal, nasional, dan iternasional, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karangasem,” pungkas Dana. (c/yun)

Baca juga :  Giri Prasta Serah-Terimakan Pembangunan Pura Dalem Kahyangan dan Jalan Wisata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini