Mensos Soroti Bansos KPM Tak Cair, Ini Pernyataan Dinsos Karangasem

sriasih 1
Korda Sembako Dinsos Karangasem, Luh Sriasih

Amlapura, DENPOST.id

Belakangan viral di media sosial video Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini mempertanyakan pencairan bantuan sosial (bansos) di Bali. Dalam video tersebut Risma menyatakan banyak bantuan sosial di Bali yang belum cair. Terkait hal tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Karangasem menyatakan ada sejumlah hal yang menyebabkan bantuan sosial tak dapat cair.

Korda Sembako Dinsos Karangasem, Luh Sriasih, mengungkapkan, data pada bulan September 2021 menyatakan, dari 28.580 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), 1.044 di antaranya tidak mengambil bantuan sembako. Tak hanya itu, bulan-bulan sebelumnya seperti Juli dari 28.580 KPM, sebanyak 817 tak mencairkan dan pada Agustus dengan jumlah penerima yang sama sebanyak 902 belum mencairkan.

Baca juga :  Hujan Guyur Tenda Darurat, Warga Ban Butuh Bantuan Seng

“Penerima bantuan sembako ini menerima uang 150 ribu rupiah tiap bulannya dalam bentuk non-tunai. Mereka harus mencairkan di e-warung dalam bentuk bahan pokok. Seluruh uangnya harus habis untuk membeli bahan pokok yang sudah ditentukan,” terangnya.

Sriasih menuturkan, angka jumlah warga yang tak mencairkan inilah yang menjadi sorotan Mensos Risma beberapa waktu lalu. “Bukan pemerintah yang tidak mencairkan. Namun penerima, alasannya beragam. Mulai dari penerima sudah meninggal dunia, namun tak diurus akta kematian sehingga namanya masih tercantum. Ada juga yang salah NIK, memang enggan mencairkan dan banyak kendala penerima,” paparnya.

Baca juga :  Stok Garam Amed Menumpuk, Petani Harap Peran Pemerintah

Sriani melanjutkan, jika tak diambil atau dicairkan dalam waktu 90 hari, maka uang secara otomatis akan masuk ke kas negara lagi. “Karena bentuk non-tunai semua tetap di rekening bila tak dicairkan otomatis akan kembali ke kas negara,” tegasnya. Dalam upaya memperbaiki data penerima, pihaknya sejak sebelumnya terus turun melakukan pendataan alasan penerima tak kunjung pencairan. Bahkan, dia mengaku sempat memfasilitasi pihak keluarga yang penerimanya sudah meninggal dunia untuk mengurus akta kematian. (yun)

Baca juga :  Padang Bai Tak Jual Tiket, Hanya Ini yang Boleh Menyeberang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini