Hutan di Bukit Payang, Kintamani, Terbakar

bakar kintamani
TERBAKAR - Hutan di Bukit Payang, Kintamani, yang terbakar pada Jumat (22/10/2021) siang. (DenPost.id/ist)

Bangli, DenPost

Kebakaran hutan di areal Gunung Batur, Kintamani, Bangli,  terjadi pada Jumat (22/10/2021). Asap mengepul dan kobaran api muncul di blok Perlindungan (Pasar Agung) Bukit Payang, dengan titik koordinat LS -8.223503, dan BT 115.371746.

Hingga berita ini ditulis pukul 21.30, api belum mampu dipadamkan. Petugas menghentikan pemadaman sementara, selain karena sudah malam dalam kondisi gelap, lokasi kebakaran juga berada di areal curam di tebing.

Baca juga :  Selamatkan Keponakan, Lari ke Pinggir Danau, Wahyu Antari Tewas Bersama Dihantam Batu Besar

Informasi yang dihimpun, kebakaran hutan ini baru diketahui pada Jumat sekitar pukul 14.30, oleh masyarakat setempat. Begitu menerima laporan, personel BKSDA melakukan pemadaman dengan melibatkan personel KPHK Kintamani, Kodim Bangli, Polsek Kintamani, Dinas Pemadam Kebakaran Bangli, MPA, Kelompok Gunung Sari Mertha dan sekitar 100 warga di sekitarnya.

Api masih menyala dengan mengarah ke puncak Gunung Batur. Akses menuju pemadaman sulit dijangkau pada kondisi yang curam. Agar api tidak meluas, petugas menjaga di jalur sekat bakar dan bakar balik.

Baca juga :  Diduga Ada Semburan Belerang, Begini Penampakan Danau Batur

Sedangkan luas hutan yang terbakar diperkirakan mencapai 3 hektar. Luas sesungguhnya belum bisa dihitung karena api belum dapat dikendalikan.

Dimintai konfirmasi, Kasi Humas Polres Bangli AKP Wayan Sarta mengungkapkan api belum dapat dipadamkan hingga malam. ‘’Tapi api sudah mengecil. Kondisi malam dan lokasi api agak ke timur, curam,” sebutnya.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, karena perlu dilakukan penyelidikan. Sedangkan yang terbakar berada di bagian bawah tebing berupa serasah kering. Angin saat itu cukup kencang. (way)

Baca juga :  Ini yang Dilakukan Alumni Akabri 88/W 84 pada Yayasan Gurukula

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini