Kebakaran Hutan di Bukit Payang Capai 20 Hektar

picsart 10 24 05.10.40
PADAMKAN API - Petugas pemadan kebakaran, saat berupaya memadamkan api yang terjadi di hutan lereng Bukit Payang, Desa Batur Tengah, Kintamani.

Bangli, DENPOST.id

Kebakaran yang terjadi di hutan lereng Bukit Payang, Desa Batur Tengah, Kintamani, Jumat (22/10/2021) menghanguskan sekitar 20 hektar hutan di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang (TWA GBBP). Banyak ranting kering dan lokasi sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran mengakibatkan api dengan cepat melalap hutan.

Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan saat dikonfirmasi, Minggu (24/10/2021), menyebutkan kejadian kebakaran terjadi Jumat (22/10/2021), namun api baru bisa dipadamkam pada, Sabtu (23/10/2021) sekitar pukul 12.30 Wita.

Baca juga :  Tukang Las Ini Setubuhi Anak Tiri Sejak Februari

“Proses pemadaman api tergolong cukup lama, karena lokasi sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran,” sebutnya.

Dikatakannya, untuk pemadaman api pihaknya menerjunkan sekitar 30 personel. Pihaknya juga dibantu oleh Dinas Kehutanan dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Dijelakan, proses pemadaman dimulai sekitar pukul 09.00 Wita, sementara api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 12.30 Wita.

Disinggung penyebab kebakaran, kata Kapolres, sesuai hasil lidik dugaan api tersulut oleh gesekan kayu kering. Sementara luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 20 hektar. Yang terbakar kebanyakan semak belukar. Api cepat meluas lahan karena kondisi sekitar kering dan ditambah kencangnya tiupan angin. (128)

Baca juga :  Jual Arak, Lima Orang Ditipiring

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini