Pencegahan Covid-19 Tak Cukup Hanya Dengan Tunjukkan Barcode

igak 1
Kasatpol PP Kabupaten Badung, IGAK Suryanegara

Mangupura, DENPOST.id

Pencegahan Covid-19 saat sejumlah pantai atau tempat umum dibuka, tidak cukup hanya dengan satu metode saja yakni menunjukkan barcode PeduliLindungi. Yang terpenting adalah ketaatan warga dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Karenanya kegiatan secara konvensional yakni melakukan patroli serta imbauan ke masyarakat dinilai lebih efektif dalam pencegahan. Hal ini diungkapkan Kasatpol PP Kabupaten Badung, IGAK Suryanegara, Senin (25/10/2021).

Menurutnya petugas berpatroli keliling sangat efektif dalam pencegahan karena pemasangan barcode dan penutupan saja  tidak menjamin  orang yang sakit  tidak bisa masuk ke pantai. “Kenapa saya berani bilang begitu karena setelah mereka masuk area pantai tetap saja mereka tidak pakai masker dan berkerumun, percuma saja. Karena barcode tersebut bukan jaminan masyarakat tidak berkerumun dan tidak pakai masker. Itu hanya seleksi agar mengurangi orang untuk datang ke areal pantai. Jadi tetap peran kita melakukan pengawasan,” ujar Suryanegara.

Baca juga :  Tata Semua Pantai di Badung, Pemkab Akan Lakukan Ini

Lebih lanjut dikatakan, tim patroli yustisi akan tetap melakukan patroli ke sejumlah wilayah, baik itu pantai mall atau tempat publik lainnya. “Mereka akan mengimbau masyarakat taat prokes menggunakan masker dan menjauhi kerumunan. Setiap 15 menit hingga 20 menit kita melakukan patroli memberikan peringatan kepada masyarakat,” terangnya.

Untuk di kawasan pantai, pihaknya juga bekerjasama dengan petugas pantai agar jangan hanya mengandalkan barcode tapi juga melakukan patroli di pinggir pantai mengingatkan pengunjung agar menggunakan masker dan mengurangi kerumunan. “Kami sarankan pihak bendesa yang memiliki pantai agar pecalang atau petugas desa adat yang mengelola pantai untuk melakukan patroli  keliling pada waktu pagi dan sore hari,” ujarnya.

Baca juga :  Wabup Suiasa Tegaskan Gratis Biaya PDAM untuk 59.975 Pelanggan

Bendesa Adat Kuta, Wayan Wasista, sepakat dengan apa yang dikatakan Kasatpol PP Kabupaten Badung. “Untuk melakukan pencegahan,  dan adanya ancaman gelombang ketiga Covid-19, pengelola Pantai Kuta juga telah melakukan langkah-langkah pencegahan. Mulai dari patroli di pinggir pantai hingga melakukan imbauan ke pengunjung,” katanya. (dewa sanjaya)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini