Berharap Tak Digusur, Pedagang Pasar Bunga Datangi DPRD

picsart 10 25 12.12.13
ASPIRASI - Perwakilan pedagang Pasar Bunga saat menyampaikan aspirasi ke DPRD Kota Denpasar, Senin (25/10/2021).

Denpasar. DENPOST.id

Puluhan pedagang Pasar Bunga, Terminal Wangaya, Senin (25/10/2021), mendatangi DPRD Kota Denpasar untuk menyampaikan aspirasi. Namun karena masih dalam suasana pandemi, hanya lima perwakilan pedagang yang diterima di ruang petemuan DPRD Denpasar.

Pertemuan itu dipimpin Wakil Ketua I DPRD Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira, didampingi Ketua Komisi I, I Ketut Suteja Kumara; Wakil Ketua Komisi I, I Made Setiadi dan Kadishub, I Ketut Sriawan. Sedang perwakilan pedagang dipimpin I Gusti Made Wardana didampingi I Gede Sadra.

Perwakilan pedagang, I Gede Sadra, mengungkapkan, kehadirannya ke Dewan bermula dari kegelisahan para pedagang dengan adanya wacana pengembalian fungsi terminal sebagai terminal angkutan. Hal ini membuat sekitar 100 pedagang yang berjualan di Pasar Bunga gelisah. Terlebih dalam situasi pandemi ini yang pendapatannya tidak menentu. ‘’Kami berharap agar tidak digusur dan tetap diberikan kesempatan berjualan di tempat tersebut,’’ katanya.

Gede Sadra juga memaparkan kronologi mengapa sampai bisa berjualan di Terminal Wangaya. Karena sebelum Pasar Badung terbakar, pihaknya berjualan di pelataran Pasar Badung. Namun pascaterbakarnya Pasar Badung 16 Maret 2016, pedagang direlokasi ke Tiara Grosir. Tapi beberapa pedagang tidak mendapatkan tempat, sehingga untuk menyambung hidup pedagang berjualan di Jalan Gajah Mada, Jl. Sulawesi dan Jl. Kartini.

Baca juga :  Dilimpahkan ke Kejaksaan, Oknum Sulinggih Ditahan

Setelah tujuh bulan berjualan, kemudian ditertibkan dan diarahkan ke Peken Payuk. ‘’Tapi karena sarana dan prasarananya tidak mendukung kami kembali berjualan di jalan, sebelum akhirnya ditertibkan Satpol PP. Setelah diadakan rapat yang dihadiri Bapak Sekda, kami diberikan tiga opsi yaitu pindah ke Pasar Batukandik, Terminal Gunung Agung dan Terminal Wangaya. Kami pun akhirnya memilih Terminal Wangaya hingga saat ini,’’ ujarnya, seraya mengatakan, jika para pedagang sangat berharap agar tetap diberikan kesempatan untuk berjualan di Terminal Wangaya.

Baca juga :  Waspada, Ini Gejala Stunting pada Anak

Menanggapi aspirasi tersebut, Ketua Komisi I, I Ketut Suteja Kumara mengatakan sangat mengapresiasi aspirasi yang disampaikan pedagang. Pihaknya yakin pemerintah nantinya akan mencarikan solusi yang terbaik, yang bisa diterima semua pihak, dan tentunya tidak menyalahi aturan yang berlaku. ‘’Kami akan menampung aspirasi ini, untuk nantinya disampaikan kepada pihak yang terkait,’’ katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, Wayan Mariyana Wandhira mengungkapkan hal senada. Saat ini pihaknya belum bisa memberikan keputusan, karena masih akan dikoordinasikan dengan pihak terkait. ‘’Intinya kita tetap ada di tengah-tengah masyarakat tanpa bertentangan dengan aturan yang ada,’’ tandasnya. (105)

Baca juga :  Syarat Masuk Bali Ikuti Kebijakan Pusat, Wajib Uji Usap Diperpanjang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini