Warga Terisolir Nekat Terobos Jalan Darat

picsart 10 27 06.16.27
NEKAT TEROBOS - Warga yang nekat menerobos jalan lokasi longsor.

Bangli, DENPOST.id

Sejumlah warga di tiga desa, yakni Abang Batu Dinding, Desa Abang Songan dan Desa Terunyan yang sementara ini masih terisolir nekat menerobos blokade jalan pada titik pertama longsor. Padahal jalur tersebut, ditutup lantaran masih sering dijatuhi material longsor susulan, baik tanah maupun batu-batu.

Camat Kintamani, I Wayan Bone, dikonfirmasi, Rabu (27/10/2021) membenarkan kondisi itu. Sesuai informasi yang didapatnya dari warga, memang sejumlah warga nekat menerobos jalan darat lantaran kesulitan anggkutan pada jam-jam tertentu, seperti malam dan pagi hari. “Aktivitas masyarakat kami di sana cukup padat, anak-anak muda banyak yang bekerja di luar. Nah, saat pulang malam hari mereka kesulitan angkutan danau, maka terpaksa melalui jalan darat,” aku Bona.

Baca juga :  Penglipuran Jadikan Sampah Barang Berguna dan Bukan Dijauhi

Pihaknya tak menampik jika hal tersebut, sangat berbahaya di tengah masih labilnya longsoran pada titik pertama, yakni perbatasan Desa Buahan dengan Abang Batu Dinding. Sementara ini, jika ada reruntuhan material, mereka terpaksa berhenti. “Kami sangat dilematis saat ini, di sisi lain di lokasi membahayakan. Sementara di sisi yang lain kepentingan atau aktivitas warga mencari nafkah di luar tidak boleh terhenti,” bebernya.

Dia berharap, di lokasi longsor pertama nantinya ditempatkan adanya penjagaan. Di mana, saat ada pergerakan material bisa dengan mudah dikomunikasikan dengan warga. Dengan demikian, hal-hal yang membahayakan warga bisa dihindari. (128)

Baca juga :  Dengar Pendapat, BAP DPD RI Tindaklanjuti Pengaduan Warga Kampung Bugis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini