Jembrana Ekspor Manggis ke Negara China

picsart 10 29 07.42.27
EKSPOR MANGGIS - Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, saat melepas ekspor Manggis ke Negara China, di Terminal Negara, Jumat (29/10/2021)

Negara, DENPOST.id

Jembrana kini semakin memperluas pemasaran produk pertanian hingga ke luar negeri. Sebelumnya, komoditi cokelat Jembrana sudah menyentuh pasar dunia, kali ini menyusul komoditi Manggis Jembrana.

Hasil kebun pertanian di Jembrana pun berhasil menembus pasar ekspor dunia, khususnya ke Negara China. Saat ini sudah 71 ton Manggis Jembrana, yang telah diekspor ke Negara China.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba saat melepas ekspor Manggis ke Negara China di Terminal Negara, Jumat (29/10/2021), mengaku merasa sangat berbahagia sekali apa yang pernah dicetuskan buah Manggis sebagai salah satu komoditi ekspor di Kabupaten Jembrana.

Kedepan, pihaknya ingin jangan hanya mengandalkan pohon yang sudah ada harus mulai menanam bibit yang baru, sehingga nanti bisa ditingkatkan jumlah ekspornya termasuk pangsa pasar juga harus diperluas, tidak hanya di Negara China. “Selain itu, komoditi buah-buahan yang lain tentu yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pangsa pasar,” kata Bupati Tamba.

Baca juga :  Pembelajaran Tatap Muka di Jembrana Ditunda

Lebih lanjut dari sisi SDM (Sumber Daya Manusia), bupati juga memberikan apresiasinya sudah banyak tenaga kerja Jembrana, khususnya kaum muda yang direkrut dan diberikan pelatihan, sehingga tidak perlu merekrut tenaga dari luar lagi. Itu adalah bentuk pemberdaan pemuda-pemuda di tengah pandemi Covid-19 juga sebagai momentum dalam memperkenalkan dunia pertanian, sehingga nantinya dapat mencintai dunia pertanian. “Namun dari itu semua, katanya kabar yang lebih membanggakan ialah, belum satu bulan sudah 2 miliar lebih uang beredar pada petani di tiga desa, yaitu di Desa Pohsanten, Tegal Cangking dan Brangbang.
Artinya pertumbuhan ekonomi Jembrana sudah makin bagus, meskipun di tengah pandemi Covid-19, kita tetap sustainable (berkelanjutan) dan tetap bertahan dan itu berasal sektor pertanian. Kedepan potensi ini akan terus kita kembangkan, majukan dan suport sepenuhnya, sehingga sesuai dengan cita-cita kita bersama menjadikan Jembrana sebagai salah satu pengeksport buah manggis terbesar di dunia,” harapnya.
(c/120)

Baca juga :  Hanya Temukan Pancing di Bawah Teluk, Pencarian Masih Nihil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini