Puluhan Atlet Bali ke Peparnas XVI Papua, Gubernur Koster Minta Doa Masyarakat

Denpasar, DenPost

Gubernur Bali Wayan Koster melepas kontingen Bali yang akan tampil pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Jayapura, Papua, pada 2 hingga 15 November 2021. Prosesi pelepasan ini dilaksanakan pada Jumat (29/10/2021) di Jayasabha, Denpasar.

Gubernur Bali menyampaikan atas nama pribadi, Pemprov serta masyarakat Bali, mengucapkan selamat serta mengapresiasi setinggi-tingginya seluruh atlet yang terpilih untuk berjuang di Peparnas XVI Papua. “Saya percaya kalian adalah yang terbaik, atlet Bali terbaik yang terpilih dari seleksi yang ketat. Untuk itu persiapkan diri dengan baik dan pantang menyerah. Itu jadi modal dasar terpenting dan paling utama yang harus dimiliki atlet yang akan berlaga,” tegasnya.

Gubernur tamatan ITB ini menambahkan bahwa sekaranglah saatnya menunjukkan prestasi yang bisa dibanggakan bagi Bali. Tidak hanya itu, juga mengharumkan nama keluarga dan seluruh masyarakat Pulau Dewata. Momentum Peparnas XIV Papua ini bermmanfaat untuk meraih prestasi tertinggi agar memberikan kebanggaan dan  mengharumkan nama Bali di kancah nasional, bahkan dunia.

Gubernur Koster juga berharap agar para atlet dan kontingen lain menjaga nama baik Bali dengan menjunjung tinggi sportivitas dan sopan santun. Hal yang tidak kalah pentingnya yakni segenap anggota kontingen agar senantiasa menjaga kesehatan, apalagi di masa pandemi. ‘’Jaga juga kekompakan dan kebersamaan antar-kontingen, baik atlet, pelatih, maupun official yang lain. Semua harus bahu-membahu, bergotong-royong, saling membantu sesuai tugas masing-masing. Dengan demikian mampu meraih prestasi tertinggi pada ajang Peparnas ini,’’ jelasnya.

Baca juga :  Ukur Kemampuan Kognitif, Bapaslon Jalani Uji Psikologi

Gubernur berharap momentum ini akan mencapai kemajuan prestasi, dibanding pada ajang yang sama empat tahun lalu.  “Kalau PON, kita peringkat lima setelah PON sebelumnya berada di peringkat enam atau kita sekarang berada di atas Jateng dan Banten. Jadi ini kan luar biasa. Begitu juga raihan medali emas naik dari 26 sekarang, menjadi 28 medali emas,” tandasnya.

Ketua National Paralympic Comitte of Indonesia (NPCI) Provinsi Bali, I Gede Komang Darma Wijaya, menyebutkan NPCI Bali menyiapkan 38 atlet untuk Peparnas XVI Papua.  Rincian paling banyak dari atletik yang 22 atlet, atlet renang lima, atlet blind judo dua atlet, tenis meja dua atlet, bulutangkis seorang atlet, dan angkat berat enam atlet. Para atlet ini akan mengikuti enam cabang olahraga yakni atletik, angkat berat, renang, tenis meja, blind judo, dan bulutangkis.

Baca juga :  Soal Fenomena Takut Bersalaman, Ini Tanggapan PHDI

Mengenai keberangkatan para atlet dan kontingen lain ke Papua yakni Selasa (2/11/2021).  “Begitu tiba di Jayapura, atlet langsung menjalani klasifikasi sesuai kondisi mereka. Lalu pada Jumat (5/11/2021) mengikuti upacara pembukaan Peparnas dan Sabtu (6/11/2021) mulai pertandingan hingga Senin (15/11/2021),” tegas Darma Wijaya.

Bali menargetkan raihan 12 medali emas lewat enam cabang olahraga yakni atletik, angkat berat, renang, tenis meja, blind judo, dan bulutangkis. Secara total ada 12 cabor yang dipertandingkan dan Bali mengikuti enam di antaranya. (wir)

Baca juga :  Cegah Penyebaran Virus, Distan Semprot Kandang di Peguyangan Kangin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini