Kesetaraan Gender Desa Poh Bergong, Dua Srikandi Bersaing dalam Pilkel

20211031 201202
Proses Pilkel di Desa Poh Bergong hari Minggu (31/10) yang diikuti 4 calon yang diantaranya dua perempuan.(118)

Singaraja, Denpost

Kesetaraan gender dalam Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak di Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng sangat terasa. Dua srikandi dari empat calon perbekel maju dalam perhelatan demokrasi tingkat desa ini. Demikian diungkapkan oleh Ketua Panitia Pilkel Desa Poh Bergong Gede Darmada, saat ditemui disela-sela pelaksanaan Pilkel, Minggu, (31/10).

Kesetaraan gender dalam pesta demokrasi di desanya sudah terlihat mulai proses pendaftaran calon sampai penetapan calon sudah ada keseimbangan yaitu sebanyak 4 orang calon maju, 2 diantaranya perempuan. “Ini sangat kebetulan sekali bagi kami, dari awal pendaftaran sampai penetapan calon sebanyak 4 orang yakni 2 srikandi desa Ketut Meni dan Ni Nyoman Suartini sama-sama bersaing dengan Wayan Bagia dan I Wayan Sukedana. Artinya hak dipilih dan memilih baik perempuan dan laki-laki setara disini,” imbuhnya.

Baca juga :  Di Buleleng, Seluruh PMI yang Datang Sebulan Terakhir akan Jalani Rapid Test

Untuk mencegah klaster baru Covid-19 dari Pilkel di desanya, Darmada menjelaskan sudah menerapkan prokes yang ketat, mulai dari penggunaan masker dan face shield serta sarung tangan untuk panitia, kemudian pengaturan jarak pemilih, mewajibkan pemilih menggunakan masker, cek suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum memilih.

“Upaya ini kami lakukan agar pelaksanaan Pilkel berjalan aman dan lancar, bahkan kami dari panitia menyiapkan bilik khusus jika ditemukan pemilih yang suhu tubuhnya tinggi. Prokes ini kami jaga melihat Buleleng kasusnya sudah melandai,” ujarnya.

Baca juga :  Penusukan di SPBU Giri Mas, Begini Pengakuan Tersangka

Sementara itu disinggung sisi keamanan dan proses penghitungan suara nanti, Darmada menerangkan panitia sudah menempatkan 2 orang Linmas dan pengaman dari Polsek dan TNI yang memantau dalam menjaga ketertiban dalam pelaksanaan Pilkel ini. Untuk diketahui Desa Poh Bergong yang terdiri dari 2 Banjar Dinas, mendirikan 5 TPS. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini