Pura-pura Belanja, Oknum Mahasiswa Nyolong HP Pemilik Warung

20211102 151437
Pelaku pencurian HP (nomor dua dari kanan), yang diperlihatkan tim Opsnal Sat.ReskrimPolres Bangli. DenPost/ist

Bangli, DENPOST.id

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bangli mengamankan seorang pemuda yang berstatus mahasiswa, Senin (1/11/2021) sekitar pukul 16.00 Wita. Pria yang diketahui bernama I Wayan Januadi (20) dengan alamat Banjar Mantring, Desa Petak Kaja, Gianyar diduga sebagai pelaku pencurian HP merek Oppo tipe A5 2020 warna hitam seharga Rp 2.700.000 di sebuah warung di Bangli dengan modus pura-pura belanja.

Kasat Reskrim Polres Bangli, AKBP Androyuan Elim dikonfirmasi Selasa (2/11/2021) mengatakan pengungkapan tersebut, berdasarkan informasi yg diperoleh dari korban Ni Ketut Sriasih (44), selaku pemilik warung di Jalan Nusantara, Banjar Kubu Keluahan Kubu, Bangli.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (22/7/2021) lalu sekitar pukul 17.00 Wita. “Saat itu korban sedang berjualan di warung miliknya (TKP). Kemudian datang seorang laki-laki yang tidak dikenal dan mengaku ingin membeli minuman,” ujar Elim.

Kebetulan saat itu korban asal Banjar Kayang, Desa Kayubihi, Bangli ini sedang memapah suaminya untuk dibawa ke belakang karena sedang sakit. Sehingga korban belum bisa langsung melayani permintaan pemuda tersebut, dan oleh korban diminta menunggu sebentar. Korban pun bersama suami meninggalkan warungnya ke belakang.

Baca juga :  Bekuk Penyalahguna Narkoba, Polisi Malah Temukan Pistol

Namun setelah korban kembali dari mengantar suaminya, korban tidak melihat laki-laki tersebut. Dan setelah dicek, HP miliknya yang sebelumnya ditaruh di sebuah meja sudah tidak ada di tempatnya. “Korban sempat mencari HP tersebut di sekitar warung, namun tidak ditemukan. Selanjutnya, korban melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Bangli,” jelas Elim.

Berdasarkan laporan tersebut, tim opsnal Polres Bangli selanjutnya melakukan serangkaian giat penyelidikan untuk dapat mengungkap peristiwa tersebut. Proses penyelidikan cukup memakan waktu yakni melebihi satu bulan. Sebab ketiadaan CCTV baik di TKP maupun di sekitarnya menjadi kendala dalam proses pengungkapannya. Namun petugas tak menyerah. Hasilnya, didapat informasi bahwa terduga pelaku yang mengambil HP milik korban adalah seorang laki-laki yang diketahui bernama I Wayan Januadi yang berasal Petak, Gianyar.

Baca juga :  Penangangan Pascabanjir Bandang Cemara Landung Masih Dilakukan

“Setelah tim opsnal berhasil mengatahui posisi orang tersebut, tim langsung melakukan pengecekan dan introgasi terhadap terduga pelaku. Dan dari hasil introgasi, dirinya mengakui bahwa memang benar telah mengambil HP milik korban dengan modus pura-pura berbelanja di waring milik korban,” ungkap Kasat Reskrim didampingi Kanit I Satreskrim Polres Bangli Ipda Demiral Safriansyah.

Selanjutnya tersangka digiring ke Mapolres Bangli untuk proses selanjutnya. Selain dirinya, ada tiga HP sebagai barang bukti yang turut diamankan, yaitu, satu unit HP merek Oppo tipe A5 2020 warna hitam kaca, satu unit HP Xiaomi type Redmi 9A model M2006C3LG warna biru dan satu unit Nokia type RM-152. “Barang buktinya kami amankan dari pelaku dan pembeli hasil kejahatan. Jadi HP-nya sudah dijual,” imbuh Demiral. (128)

Baca juga :  Disbud Klungkung Akui Dilema Siapkan Duta PKB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini