Pipa Terseret Longosr, Pasokan Air PDAM Terganggu

20211103 154400
Petugas melakukan upaya perbaikan jaringan pipa PDAM. (DenPost/ist)

Bangli, DENPOST.id

Jaringan pipa dan pompa PDAM Bangli yang berlokasi Tirta Barong dan sumber tirta Gamongan rusak akibat tertimpa longsor, Selasa (2/11). Akibatnya pasokan air untuk ribuan pelanggan di PDAM Kabupaten Bangli mengalami gangguan.

Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Bangli Ida Bagus Putu Gangga Parawita, saat dikonfirmasi Rabu (3/11) mengungkapkan gangguan pasokan air teeradi pada konsumen PDAM Bangli di wilayah Kota dan wilayah Kubu ke utara. Gangguan pasokan air ini disebabkan oleh dampak bencana tanah longsor yang menimpa pipa tranmisi serta mesin pompa milik PDAM. “Dampak hujan deras kemarin mengakibatkan tebing disekitar sumber air ambrol yang kemudian merusak pipa dan pompa,” ujarnya.

Baca juga :  Cek Sekolah Jebol, Ini yang Dilakukan Bupati

Akibat kerusakan tersebut terdapat 1.600 pelanggan di wilayah Kelurahan Kubu ke selatan termasuk wilayah Kota Bangli, pasokan airnya terganggu. Sementara untuk wilayah Kubu ke uatara seperti Lingakungan Tegal Suci, Kayang, Kayubihi serta Bangklet tertdapat sekitar 1.500 pelanggan belum dapat air.

Kerusakan juga terjadi di sumber air Tirta Barong,  pipa transmisi banyak yang pecah akibat dihantam longsor. Sedangkan di Tirta Gamongan longsor mengakibatkan motor pompa rusak. “Kita tengah berupa melakukan perbaikan. Motor pompa yang kita beli di Surabaya sudah datang kemarin,” bebernya.

Baca juga :  Nenek 85 Tahun Ditemukan Tergantung di Dahan Kopi

Ditambahkan, untuk upaya perbaikan pihaknya harus berpacu dengan cuaca. Mengingat tanah di sekitar lokasi kerusakan masih sangat labil. Jadi perbaikan tentunya tetap mempertimbangkan keselamatan petugas. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini