Festival Bulu Tangkis 2021, RS Unud Tambah Kapasitas PCR

picsart 11 03 07.37.01
Dirut RS Udayana, dr. Dewa Sukrama.

Jimbaran, DENPOST.id

Rumah Sakit Udayana menjadi fasilitas kesehatan yang menangani uji Real Time Polymerase Chain Reaction, untuk Festival Bulu Tangkis 2021 pada, 15 hingga 20 November 2021.

Saat ini, rumah sakit yang berlokasi di Jl. Rumah Sakit Udayana, Jimbaran ini menambah kapasitas untuk pengujian spesimen dengan total kapasitas mencapai seribu spesimen per hari. “Kami sudah siap dengan lima mesin PCR, bio molekuler diagnostik, patologi klinik, patologi anatomi dan diagnotik lainnya. Dari segi pelayanan medik, kita punya 46 dokter spesialis,” ujar Direktur Rumah Sakit Unud, Dr. dr. I Dewa Made Sukrama MSi., SpMK., (K) kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Baca juga :  Bantuan Pemkab Gianyar, Bale Kulkul Berdiri di Pura Alas Purwo

Dengan kesiapan perangkat dan sumber daya manusia andal, Sukrama meyakini RS Udayana mampu memberi pelayanan terbaik kepada pasien, khususnya untuk warga negara asing. Pihaknya juga telah menyiapkan kamar isolasi bagi wisatawan yang terpapar Covid-19, termasuk menyediakan ruang karantina bagi WNA yang baru tiba di Bali.

Terkait pengadaan tempat karantina, pihaknya bekerjasama dengan Mandiri in Health. “Kami sudah siapkan beberapa ruangan untuk meng-cover- kerjasama ini apabila ada wisatawan yang memerlukan tempat karantina, kami siapkan,” terangnya, yang saat itu didampingi Kepala Laboratorium Terpadu RS Udayana, Dr. dr. Ni Nyoman Sri Budayanti.

Baca juga :  Bupati Artha Bantu Enam Warga Sakit

Dalam rangka kesiapan itu, Sukrama menerangkan pihaknya juga memitigasi terjadinya ledakan kasus Covid-19 yang membutuhkan penanganan secara massal, yang bisa disiapkan dalam kurun waktu sehari.

Sementara dr. Sri menerangkan, saat ini pengujian spesimen PCR menurun sejak PCR tak lagi jadi syarat pelaku perjalanan udara di Jawa-Bali. Namun, kapasitas laboratorium yang besar menurutnya tetap dibutuhkan untuk jangka panjang. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini