Tuntaskan Vaksinasi, Petugas Cari Warga Hingga ke Kebun dan Sawah

vaksin2
VAKSINASI - Anggota Polsek Payangan bersama tim kesehatan Puskesmas Payangan, Gianyar melakukan vaksinasi terhadap warga.

UPAYA aparat kepolisian di wilayah Kabupaten Gianyar menuntaskan vaksinasi patut diacungi jempol. Selain mendatangi warga ke rumah-rumah dan memberikan layanan antar-jemput bagi kalangan lansia, petugas bahkan sampai mendatangi warga yang tengah beraktivitas di kebun dan sawah. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua warga telah divaksin, sehingga lekas tercipta kekebalan kelompok.

Seperti apa yang dilakukan aparat Polsek Payangan, Gianyar bersama instansi terkait saat melakukan vaksinasi. Dipimpin langsung Kapolsek Payangan, AKP I Putu Agus Ady Wijaya, petugas menyisir warga di wilayah hukumnya untuk mencari warga yang tercecer atau belum mendapat vaksinasi Covid-19. Bekerja sama dengan tenaga kesehatan (nakes) dari UPTD Puskesmas Payangan, petugas melakukan vaksinasi dengan mendatangi para lansia dan warga. Bahkan, petugas sampai ke kebun dan persawahan mencari warga yang tidak sempat ditemui di rumahnya.

Baca juga :  Puluhan Wifi Gratis Belum Terpasang di Gianyar

“Upaya-upaya ini kami lakukan bersama tim medis dari UPTD Puskesmas Payangan guna mempercepat dan memastikan seluruh masyarakat Payangan telah tervaksin baik tahap I maupun tahap II,” tegas Kapolsek Putu Agus Ady Wijaya.

Agar tidak ada lagi warga yang tercecer, lanjut Ady Wijaya, tim medis dari UPTD Puskesmas Payangan yang dipimpin dr. Made Arisani bersama personel Polsek Payangan membagi tim menjadi dua. “Sebagian tim medis siaga di pos vaksinasi yang ada di balai banjar dan sebagian tim melaksanakan vaksinasi door to door (keliling mencari target ) atau dengan sistem menjemput bola,” terangnya.

Langkah jemput bola tersebut untuk memudahkan para lansia dan warga yang kesulitan untuk datang sendiri ke tempat vaksinasi karena terkendala kondisi fisik maupun tidak ada keluarga yang mengantar. Selain juga untuk memastikan kondisi para lansia itu sendiri. Vaksinasi kali ini petugas menggunakan dua jenis vaksin yakni Astrazanecca dan Sinovac.

Baca juga :  Mayat Mr. X Ditemukan Mengambang di Tengah Laut

Dari upaya jemput bola tersebut, ada 115 orang yang berhasil divaksin. Rinciannya, vaksinasi tahap I sebanyak 107 orang terdiri dari masyarakat umum  43 orang dan lansia 64 orang. Sedangkan untuk vaksinasi tahap II sebanyak 8 orang terdiri dari masyarakat umum 6 orang, lansia 1 orang dan remaja  1 orang.

Selain gencar melakukan vaksinasi, Ady Wijaya juga tak henti-henti mengingatkan warga agar senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes), di mana saja, kapan saja. “Meski kasus mulai melandai, jangan pernah abaikan prokes. Selalu ingat menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga imun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Jika semua warga sudah disiplin prokes, saya yakin pandemi akan cepat berlalu,” ucapnya.

Baca juga :  Identifikasi Titik Kerumunan, Polres Gianyar Juga Akan Tertibkan Ini 

Upaya keras yang dilakukan aparat Polsek Payangan dan Nakes UPTD Puskesmas Payangan dengan mendatangi warga yang belum divaksin, mendapat apresiasi dari sejumlah warga. Salah satunya I Gde Kantara. Menurutnya, langkah-langkah pemerintah untuk menekan Covid-19 patut didukung, baik dengan disiplin prokes maupun dengan vaksinasi. “Kalau memang sudah memenuhi syarat artinya dari segi umur dan tidak ada komorbid, jangan ragu untuk ikut vaksin. Vaksinasi ini penting untuk melindungi diri kita dari paparan virus korona,” terangnya saat ditemui pada Jumat (5/11/2021).

Kantara juga mengingatkan, meski sudah divaksin, bukan berarti masyarakat boleh mengabaikan prokes. “Walaupun sudah divaksin, peluang tertular tetap ada, tetapi lebih kecil dari tidak divaksin. Untuk itu, prokes harus tetap dilaksanakan,” serunya. (116/suryaningsih)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini