Paruman Sulinggih, Bupati Dana Ajak Edukasi Prokes dan Serahkan Punia

picsart 11 05 05.29.38
PARUMAN SULINGGIH - Suasana paruman sulinggih yang digelar dengan menerapkan prokes ketat, Jumat (5/11/2021)

Amlapura, DENPOST.id

Para sulinggih di Kabupaten Karangasem mengikuti paruman di Kantor Bupati Karangasem, Jumat (5/11/2021). Menerapkan prokes ketat, Bupati Karangasem, I Gede Dana meminta kepada para sulinggih untuk ikut mensosialisasikan protokol kesehatan (Prokes), khususnya saat momen upacara agama.

“Ikut mengedukasi prokes kepada masyarakat utamanya saat menggelar berbagai bentuk upacara yadnya,” ujar Dana.

Tak hanya itu, Gede Dana juga berharap ida sulinggih ikut berperan serta memohon agar pandemi lekas berlalu, khususnya permohonan secara niskala. “Saya harap dan mohonkan agar ida sulinggih tidak bosan dan lelah dalam menuntun umat agar tidak bingung mencari kebenaran isi sastra agama yang sesuai dengan kehidupan kita saat ini,” ungkapnya.

Dalam momen ini, Bupati Dana juga menyerahkan dana punia kepada 286 sulinggih yang diwakilkan 20 sulinggih yang hadir. Masing-masing menerima Rp1.500 ribu. “Ini adalah simbol rasa saling memiliki dan perhatian pemerintah daerah kepada ida sulinggih sareng sami. Semoga berkenan untuk diterima,” ungkap Dana.

Baca juga :  Pengunjung Pantai Sanur Dites Rapid Antigen, Seorang Pelajar Positif

Sementara Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Karangasem, I Wayan Witrawan menuturkan dalam paruman kali ini membahas perihal pelaksanaan upacara agama Pamilayu Bhumi dan Nangluk Merana saat ditimpa bencana pandemi Covid-19. Dalam paruman akan disepakati pedoman dalam melaksanakan inti sari sastra, agama dan srada bakti yang menjadi sarana menuju kerahayuan alam semesta. “Dalam paruman sulinggih tahun ini intinya ingin memfasilitasi keinginan para sulinggih, ” pungkasnya. (c/yun)

Baca juga :  Bertahap, Vaksinasi Covid-19 di Badung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini