Di Pasar Umum Negara Ditemukan Dua Jajanan Mengandung Rhodamin B

picsart 11 05 05.30.17
SIDAK MAKANAN - Loka POM Buleleng bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana, Jumat (5/11/2021), saat sidak pengawasan makanan (jajanan).

Negara, DENPOST.id

Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Loka POM Buleleng bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana, Jumat (5/11/2021), menggelar sidak pengawasan makanan (jajanan). Sidak juga melibatkan Dinas Kesehatan Jembrana.

Sidak menyasar pasar-pasar tradisional, salah satunya Pasar Umum Negara. Dari hasil pengawasan, Loka POM Buleleng mendapati dua jajanan yang digunakan untuk sarana upacara mengandung zat berbahaya. Sidak awalnya mengambil 15 sampel makanan di sejumlah pedagang. Sampel diambil dari kerupuk dan jajanan kering yang memiliki warna mencolok. Selanjutnya, sampel makanan itu langsung diuji di mobil Lab Loka POM.

Baca juga :  12 Ribu Paket Daging Kurban Dibagikan

Dari 15 sampel itu, ternyata dua makanan positif mengandung rodhamin B. Petugas juga mendapati masih ada pedagang menjual zat pewarna pakaian (kesumba) yang sejatinya tidak boleh dijual bebas.

Koordinator Fungsi Pengawasan Loka POM Buleleng, Fenti Indah Nirwana mengatakan dari 15 sampel makanan berbagai jenis, setelah dilakukan uji lab mengandung zat berbahaya dua jajanan. Jajanan jenis bunga matahari itu, memiliki warna yang mencolok. “Kita memastikan agar makanan yang dijual aman dan layak,” katanya.

Baca juga :  Perancak akan Dikembangkan Jadi Pelabuhan Perikanan Swasta

Untuk pewarna tekstil yang dijual bebas, oleh Loka POM, barang tersebut langsung diambil dan kemudian penjualnya diberikan pembinaan untuk tidak menjual kembali.

Dari keterangan penjual mengaku menjual pewarna kesumba hanya untuk melengkapi dagangannya saja untuk pewarna segehan.
Sedangkan untuk pedagang yang menjual makanan mengandung zat berbahaya, pihak Loka POM Buleleng memberikan pembinaan. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini