Tingkatkan Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi, TP PKK Provinsi Bagikan Beras dan Susu

putri suastini 1
AKSI SOSIAL - TP PKK Provinsi Bali menggelar aksi sosial di Wantilan Pura Dalem Kangin Tegallalang, Gianyar, Sabtu (6/11/21).

Gianyar, DENPOST.id

TP PKK Provinsi Bali melaksanakan aksi sosial di Kabupaten Gianyar, Sabtu (6/11/2021). Dalam kegiatan bertajuk “Menyapa dan Berbagi” ini, 120 orang disasar terdiri dari balita gizi buruk, ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK), lansia telantar, penyandang disabilitas dan kader PKK yang kurang mampu. Kegiatan berlangsung di Wantilan Pura Dalem Kangin Tegallalang, Gianyar.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, mengatakan, dalam aksi ini TP PKK Provinsi Bali menyerahkan bantuan beras 3 ton dan 30 kaleng susu. Bantuan ini untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan membantu meringankan beban masyarakat. “Terutama beban perasaan ketika kesehatan kita terancam, terlebih di tengah perekonomian kita terpuruk,” ujar Putri Koster.

Baca juga :  Puluhan Pegawai PN Gianyar Dites Urine

Lebih lanjut dikatakan, di masa pandemi, kesehatan semasa kehamilan sangat penting dijaga, agar ketika melahirkan ibu dan bayi lahir dengan selamat. Setiap ibu hamil diupayakan agar menerapkan protokol kesehatan ketat, agar terhindar dari paparan virus korona. Selain juga penting memperhatikan asupan gizi, agar kesehatan bayi terjamin, sehingga tidak berpotensi terkena dampak kurang gizi seperti stunting. “Ini program dari pemerintah untuk menurunkan angka stunting, bahkan kalau bisa menghilangkannya,” tegasnya.

Guna menyukseskan program tersebut, anak dan ibu harus dijaga, tidak hanya mulai hamil hingga melahirkan, tetapi juga harus menjaga pola hidup dan pola makan sehat dari sejak menjadi calon ibu. “Sekarang banyak remaja-remaja ingin kelihatan langsing, makanya banyak melakukan diet ketat akhirnya gizinya tidak terjamin. Dia langsing tapi lemas. Ketika menikah lalu hamil, ibunya saja sudah kekurangan energi kronis (KEK), bagaimana bisa menyalurkan energinya ke jabang bayi,” ujar Putri Koster.

Baca juga :  Diduga Salah Satu Siswa Terkonfirmasi Covid-19, SMPN 1 Gianyar Lakukan Ini

Selain memberikan bantuan sembako, di masa pandemi ini Putri Koster juga mengajak masyarakat agar mengonsumsi makanan sehat yang diperoleh dari pemanfaatan pekarangan sendiri. Misalnya dengan menanam sayur-sayuran di halaman rumah. Selain bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga, pemanfaatan lahan pekarangan juga menjadikan lingkungan yang indah seperti Hatinya PKK (halaman, asri, teratur, indah dan nyaman).

Aksi sosial TP PKK Provinsi Bali ini langsung diapresiasi salah seorang warga Gianyar, Made Dwi. Dia berharap bantuan serupa terus bergulir menyasar warga kurang mampu, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. “Terima kasih atas perhatian pemerintah selama ini. Dengan bantuan seperti ini masyarakat jadi lebih bersemangat. Selain kami terus diimbau untuk taat protokol kesehatan, kami juga merasa diperhatikan dengan adanya bantuan-bantuan atau stimulus dari pemerintah,” katanya.

Baca juga :  Wujudkan Gianyar Zona Hijau Covid-19, Kapolres Minta Posko PPKM Diaktifkan

Dwi juga mengaku semenjak pandemi dirinya aktif memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami berbagai sayuran. “Lumayan bisa mengurangi uang dapur di sama pandemi karena sayurnya tinggal petik saja,” pungkasnya. (116/suryaningsih)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini