picsart 11 07 03.56.16
TINJAU PASAR - Bupati Dana, saat meninjau Pasar Amlapura.

Amlapura, DENPOST.id

Jelang hari raya Galungan dan Kuningan, Bupati Karangasem, I Gede Dana terus memantau lonjakan harga di Pasar Karangasem. Turun ke Pasar Subagan dan Amlapura, Sabtu (6/11/2021), salah satu komoditi yang menjadi sorotan adalah kenaikan harga daging babi yang cukup signifikan.

Atas kondisi ini, ia berencana akan mendatangi rumah potong hewan (RPH).

“Sebelum hari raya, untuk daging babi harga pokoknya hanya Rp65 ribu perkilogramnya. Kini bisa naik hingga Rp85 ribu perkilogramnya,” ujar Bupati Dana.

Atas kondisi ini, Dana berencana akan segera mendatangi rumah potong hewan. “Kita akan coba stabilkan harganya dengan mendatangi tukang potong hewan babi, sehingga harga bisa diturunkan. Tapi pada umumnya, Galungan harga daging babi memang naik dan kenaikan hari ini masih wajar, ” paparnya.

Baca juga :  Ribuan ASN Belum Terima TPP, DPRD Karangasem Bingung

Tak hanya daging babi, beberapa komoditi perlengkapan upacara seperti buah dan bunga juga mengalami kenaikan. Dana mengimbau agar warga mengutamakan penggunaan bahan lokal. Hal ini untuk mensuport para petani Bali. “Belanja seperlunya dan selalu dukung kesejahteraan petani lokal kita, ” imbuhnya.

Selain perlengkapan jelang Galungan, Dana juga meninjau kebutuhan pokok. Di antaranya beras, minyak, perlengkapan dapur dan lain-lain. Hasil pantauan ketersediaan masih mendadak. Kenaikan harga terjadi pada beberapa jenis bahan pokok. Hanya saja masih dalam kata wajar. “Semua masih normal-normal saja. Harga masih stabil, khsusunya untuk harga kebutuhan-kebutuhan pokok juga masih aman,” pungkasnya. (c/yun)

Baca juga :  Begini Penuturan Residivis yang Coba Bunuh Bibinya Sendiri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini